Apa anda sedang bersiap mengikuti ujian PMP 2021? Ujian PMP sendiri dikenal memiliki soal yang sulit dan waktu pengerjaan yang lama, yakni 4,5 jam. Dalam waktu tersebut, salah satu kunci yang harus anda terapkan adalah manajemen waktu yang baik. Salah satu tips mengerjakan soal ujian pmp 2021 adalah menjawab soal-soal formula terlebih dulu. Lalu apa lagi, ya?

Project Management Professional (PMP) Certificate, pernah mendengar jenis sertifikasi manajemen yang satu ini? Sertifikat PMP adalah salah satu sertifikat profesi di bidang manajemen proyek yang dikeluarkan dan dikelola oleh Project Management Institute (PMI). PMI sendiri adalah sebuah badan nirlaba di Amerika Serikat yang fokus bergerak di bidang project management. 

Sertifikat PMP juga telah diakreditasi sesuai standar International Organization for Standardization (ISO). Lewat sertifikat ini, kelayakan anda di bidang manajemen proyek divalidasi. Bersifat global, sertifikat ini bisa anda aplikasikan di hampir semua ranah industri di lokasi manapun dan metodologi apapun.

Sayangnya, menurut data Project Management Institute (PMI), selaku lembaga sertifikasi terbesar dan tertua di bidang project manager, baru ada sekitar 932.720 atau kurang dari satu juta orang di dunia yang memiliki sertifikat PMP hingga Juni 2019. Padahal, Sertifikat PMP membawa banyak manfaat untuk para project manager yang memilikinya. Mulai dari gaji yang lebih tinggi dibandingkan project manager non-sertifikasi, kesempatan karier luas hingga lintas negara, hingga fleksibel untuk digunakan pada seluruh jenis industri. 

ujian sertifikasi project manager

1. Posisikan Diri Anda Sebagai Project Manager Saat Menjawab Soal

Cara pertama untuk menjawab soal ujian PMP 2021 adalah dengan menerapkan mindset bahwa anda seorang project manager sedang dalam situasi mengerjakan sebuah ‘proyek’. Di mana, langkah pertama untuk menjalankannya adalah dengan menetapkan tujuan atau sasaran proyek secara rinci. Kemudian, menemukan sumber daya yang cocok dan ingin anda gunakan dalam proyek. Lalu, buat rincian tugas dan garis waktu penyelesaian proyek itu. Selanjutnya, periksa kemajuan proyek anda dan buat perubahan strategi dalam proyek jika ada masalah dalam kinerjanya. Untuk itu, penting untuk yakin dengan kemampuan dan ilmu yang anda miliki. 

2. Kerjakan Soal Formula Terlebih Dahulu

Jenis soal yang harus anda kerjakan terlebih dahulu saat ujian dimulai adalah soal formula. Mengapa demikian? Soal formula membutuhkan kemampuan ingatan anda akan formula konseptual dalam PMBOK. Karenanya, menjawab soal formula terlebih dahulu jadi lebih baik untuk dilakukan karena ingatan anda akan materi yang sudah dipelajari masihlah segar. Sehingga, peluang kesalahan menjawab karena lupa menjadi lebih kecil. 

3. Gunakan Kertas Kosong Untuk Menyalin dan Menjawab Soal Formula

Saat menjawab soal formula yang panjang ini, pastikan untuk memanfaatkan kertas kosong yang diberikan penguji. Lewat kertas kosong ini, anda bisa menyalin formula penting dan melakukan analisa kasar secara cepat untuk menjawab soal yang disodorkan. 

4. Lewati Soal Yang Tidak Diketahui

Dengan jumlah soal yang mencapai 200 butir dan dikerjakan dalam 4 jam, maka artinya anda harus menjawab setiap soalnya selama 1,2 saja. Karena itu, jangan membuang banyak waktu untuk berpikir keras pada soal yang anda belum ketahui. Lewati soal tersebut dan lanjutkan mengerjakan soal berikutnya. Selama proses menjawab soal lainnya ini, peluang besar anda untuk mengingat formula untuk menjawab soal yang terlewati tadi bisa terjadi. Jadi, jangan membuang-buang waktu, ya!

5. Ingat, Jawaban Benar Tidak Selalu Tepat!

Jawaban benar tidak selalu tepat, kok bisa? Tentu bisa!

Hal ini karena soal-soal dalam ujian PMP akan menguji kemampuan analisa anda, bukan daya ingat anda. Jadi, bisa saja anda menemui pilihan jawaban yang terlihat seluruhnya benar, namun belum tentu tepat sesuai dengan analisa situasi dalam soal. 

6. Terapkan Metode Eliminasi

Cara termudah menemukan jawaban paling tepat adalah dengan metode eliminasi. Misalnya saja pada soal pilihan ganda, anda bisa mencoret pilihan A dan B yang dinilai paling tidak memungkinkan untuk benar. Setelahnya, anda bisa melakukan analisa lebih dalam untuk pilihan C&D dan memilih salah-satunya yang dinilai paling tepat. 

7. Jawab Seluruh Soal, Jangan Lewatkan Satu Pun!

Teman Toms, soal-soal dalam ujian PMBOK memiliki berat mutu yang sama dengan adanya aturan tidak diterapkannya poin minus untuk jawaban yang salah. Jadi, pastikan untuk menjawab seluruh soal yang diberikan tanpa tersisa, ya!

8. Percaya Insting Anda!

Selama mengerjakan ujian PMP, penting untuk anda percaya pada insting anda. Yakinlah bahwa pengalaman anda di lapangan serta pelajaran yang sudah anda asah tentang konseptual manajemen proyek kemarin dapat memudahkan ada untuk menjawab semua soal yang diujikan. 

9. Manajemen Waktu Adalah Kunci Utama

Ingat dengan tips melakukan simulasi ujian tertulis selama masa persiapan di atas? Hal ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk membentuk manajemen waktu yang tepat selama ujian PMP berlangsung. Bayangkan jika anda mengerjakan 200 butir soal dalam waktu 4 jam tanpa manajemen waktu yang baik. Tentu akan menyulitkan anda, bukan?

10. Manfaatkan Waktu Istirahat Pendek

Saat ujian berlangsung, ada waktu istirahat singkat untuk para peserta dapat melakukan berbagai aktivitas. Seperti makan, berdoa, hingga belajar kembali. Namun, harus diingat untuk tidak mencuri-curi banyak waktu dalam waktu luang ini. Hal ini karena istirahat terlalu sering atau lama dapat menimbulkan kecurigaan dan anda bisa didiskualifikasi dari ujian. 

Itu dia 20 tips untuk lulus ujian PMP yang bisa anda terapkan dari sekarang. Mari optimis bahwa anda dapat lulus ujian PMP dalam percobaan pertama. Jika dalam perjalanannya anda merasa lelah tidak bersemangat, ingat selalu dengan segudang manfaat yang ditawarkan oleh sertifikat PMP untuk karir anda. Semangat!

Perbaharui selalu informasi terkini dan menarik lainnya seputar manajemen proyek di sini bersama Tomps, your project management solution!