Project manager dan product manager, pernah berpikir bahwa kedua peran ini sama saja? Tahukah anda, meskipun keduanya sama-sama berkecimpung pada area pengembangan produk, project manager dan product manager memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda. 

product manager

Istilah project management dan product management memang sekilas terdengar sama dan seringkali digunakan secara bergantian. Hal ini juga sedikit banyak telah mengaburkan perbedaan antara kedua peran ini. Meski begitu, keduanya ternyata dilakukan dengan disiplin ilmu yang berbeda dan khusus.

Secara garis besar, product manager bertanggung jawab untuk mendorong pengembangan produk. Mereka memprioritaskan inisiatif dan membuat keputusan strategis tentang apa yang perusahaan anda ingin bangun. product manager duduk di titik tumpu antara kepentingan eksternal (tujuan bisnis, kebutuhan pelanggan) dan internal (developer team yang idealis dalam membangun produk). Selain area eksternal dan internal, peran ini juga bertanggung jawab di area teknis, bisnis, dan operasional. Hal ini membuat project manager juga dianggap sebagai CEO dari lini produk. 

Berbeda dengan product manager, project manager bertanggung jawab untuk mengawasi dan menyelesaikan proyek yang telah ditugaskan kepada mereka. Keterlibatan inisiatif mereka tidak dimulai sampai segala sesuatunya sudah ditentukan. Namun, setelah tanggung jawab telah ditempatkan di tangan mereka, mereka memainkan peran integral dalam mewujudkannya. Mulai dari mengelola paket kerja, membuat timeline, mengalokasikan sumber daya, memantau status penyelesaian, dan mengomunikasikannya kepada stakeholder proyek. 

product manager

Melansir PMI, ada tiga alasan mengapa praktik product management penting untuk sebuah organisasi:

1. Untuk mengembangkan produk yang tepat

2. Menghentikan pengembangan produk yang keliru

3. Menciptakan fitur produk yang tepat di waktu yang tepat

4. Memastikan produk digunakan khalayak

Memiliki peran yang penting, membuat aktivitas product management memiliki tantangannya tersendiri. Dalam proyek pengembangan produk, para developer seringkali memiliki pola pikir dan cara komunikasi yang berbeda dengan klien yang ditangani. Preferensi komersial mereka pun seringkali rendah karena adanya idealisme untuk menghasilkan produk se-inovatif mungkin. Karena itu, menurut Project Management Trainer, Mike Clayton, dibutuhkan peran product manager untuk menyatukan tiga kemungkinan yang berbeda. Yakni teknologi, kepentingan komersial bisnis, dan preferensi pelanggan. 

Menurut Mike, product manager memiliki tugas dan tanggung jawab seperti:

1. Menjembatani Kesenjangan Antar Stakeholder

Ada banyak preferensi yang bisa dimiliki tiap stakeholder, dan penting untuk merekatkannya menjadi satu kesatuan preferensi yang disetujui bersama untuk membentuk sebuah produk. Bisa dikatakan, salah satu tugas utama dari peran product manager adalah tentang menjadi komunikator. Mereka harus bisa tampil sebagai ahli strategi masa depan yang menyatukan seluruh pemangku kepentingan.

2. Menetapkan Arah Strategis Produk

Selain memastikan produk yang dikembangkan sangat inovatif baik dari segi fungsionalitas maupun visual, product manager juga harus mempertimbangkan aspek komersial dari produk tersebut. Mereka harus mampu mengukur keberhasilan komersial produk. Karena itu, mereka harus menetapkan arah strategis produk sejak tahap perkembangan, perilisan, hingga siklus peningkatan (improvement cycle)

3. Menjadi Advokat Produk Secara Internal Maupun Eksternal

Dari segi internal, product manager harus mengajukan dukungan komersial untuk memenuhi kebutuhan sumber daya yang diperlukan selama proses pengembangan , perilisan, dan siklus peningkatan. Karena hal ini pula, product manager seringkali mengemban  tanggung jawab laba dan rugi langsung pada produk mereka selayaknya product owner. 

Dari segi eksternal, mereka harus bertanggung jawab membentuk strategi untuk menciptakan produk yang menguntungkan secara komersial. Mereka harus mengikuti tren pasar untuk memahami kebutuhan dan prioritas klien mereka. 

Itu dia penjelasan mengenai apa itu pengertian project management dan project manager, tugas dan tanggung jawab, serta perbedaan antara project manager dan product manager. Semoga menambah wawasan anda tentang dunia manajemen proyek.

Perbarui selalu informasi terkini dan menarik lainnya seputar manajemen proyek di sini bersama Tomps, your project management solution!