Ketika berbicara tentang dunia agribisnis, kebanyakan orang hanya berpikir tentang petani, mengurus ladang, merawat tanaman atau ternak saja. Jika anda adalah salah satu yang berpikir demikian, maka kini saatnya anda melihat masa depan karier agribisnis yang sebenarnya sangat menjanjikan. 

Selain terkenal akan kekayaan alamnya yang melimpah, Indonesia juga merupakan salah satu negara penghasil komoditas pangan terbesar di dunia. Pangan sendiri adalah sebuah kekuatan negara yang wajib untuk dipertimbangkan. Karenanya, memulai karier di bidang agribinis bisa membuka jalan untuk anda menjadi salah satu pelopor pangan di Tanah Air. Baik itu dalam sektor pertanian, perkebunan, perikanan, hingga peternakan. Apa anda yakin tidak ingin menangkap peluang besar ini?

agribisnis
1. Agrikultur adalah bisnis yang luas

Berbicara soal agrikultur bukan hanya tentang bertani, sektor ini perlu disadari sebagai sesuatu yang luas. Mulai dari pertanian, kehutanan, peternakan, hingga perikanan. Sektor makanan dan minuman yang masif juga masih bertumpu pada sektor pertanian yang menjadi tulang punggungnya. Artinya, sektor agrikultur memiliki banyak peluang pekerjaan atau karier. Ditambah lagi kini bermunculan sektor yang mendukung sektor pertanian seperti ilmu pangan dan peneliti tanaman. Selain itu, ada pula industri pemasok skala besar dalam dunia agribisnis. Seperti jual-beli benih, pupuk, mesin dan juga alat-alat pertanian lainnya kepada para petani. Jadi, jangan terpaku pada stigma agribisnis sebagai industri terbelakang dan tidak menjanjikan, ya!

2. Agrikultur adalah sektor dengan teknologi tinggi

Jika anda mencari pekerjaan dalam sebuah industri yang menggunakan teknologi terbarukan di bidang tekniknya, maka agrikultur adalah salah satu jawaban tepatnya!

Ya, ada kebutuhan yang sangat besar bagi sektor ini untuk dapat mengikuti kemajuan teknologi dalam teknik produksinya. Di mana, hal ini akan sangat berpengaruh untuk membantu para pebisnis di sektor ini mampu mengikuti permintaan produksi yang meningkat. Meski masih banyak permasalahan di sektor ini yang harus dipecahkan, bekerja di bidang agrikultur akan menjadi petualangan menyenangkan untuk anda karena setiap harinya selalu akan ada hal baru yang dihadapi. 

3. Gelar tinggi bukanlah hal yang diwajibkan

Hal satu ini bisa menjadi alasan unik untuk anda terjun di bisnis ini. Ya, agrikultur adalah salah satu sektor di mana anda tidak memerlukan gelar atau kualifikasi agribisnis untuk memulainya. Jika pun anda memiliki gelar atau kualifikasi ini, maka anda dapat hampir dipastikan akan memperoleh pekerjaan karena lulusan agribisnis sangatlah diminati dalam sektor ini. Hal ini karena ada begitu banyak pekerjaan yang berbeda dan menarik di bidang agrikultur yang mungkin akan disukai dan cocok dengan keterampilan anda.

4. Lapangan kerja yang terbuka lebar

Apa anda tahu, sektor agrikultur memiliki banyak peluang pekerjaan bagi para mahasiswa lulusan jurusan agribisnis. Jika pun anda belum menemukan lowongan pekerjaan yang menerima anda, ilmu agribisnis yang anda pelajari selama ini bisa anda praktikan menciptakan lapangan kerja sendiri. Menarik bukan?

5. Agrikultur akan selalu dibutuhkan

Jika berbica tentang pangan, maka hal ini nampaknya adalah sebuah topik yang tidak akan mati. Bagaimana tidak, populasi manusia akan selalu tumbuh secara eksponensial. Artinya, akan dibutuhkan lebih banyak makanan dan minuman untuk mereka. Di sinilah sektor agrikultur yang berkenaan dengan pangan terlihat memiliki peluang pasar yang tak akan habis. 

Itu dia gambaran singkat tentang dunia agribisnis dan alasan mengapa industri ini punya karier yang menjanjikan untuk anda. Pebaharui selalu informasi terkini seputar manajemen proyek di sini bersama Tomps.id, your project management solution!