By Published On: 21 Januari 2022Categories: Artikel3,2 min read
Project manager mana yang tidak menginginkan sebuah proyek yang tenang tanpa banyak masalah. Sayangnya proyek adalah kegiatan kompleks yang seringkali dihinggapi masalah klasik maupun baru yang bisa datang tiba-tiba.
Dalam manajemen proyek, ada 3 pilar yang menaunginya, yakni People, Process, dan Tools.  Sebagai ujung tombak dari sebuah proyek, project manager tentu harus mengoptimalkan tiga aspek ini pada proyek yang dikelolanya. Namun, memastikan ketika pilar ini agar dapat berjalan dinamis tentu membutuhkan usaha, pikiran, dan waktu yang bisa jadi tidak sedikit. Karenanya, project manager dapat memanfaatkan tools yang memudahkan pekerjaannya. 
Salah satu bentuk tools manajemen proyek yang sudah berkembang mengikuti teknologi saat ini adalah aplikasi manajemen proyek. Tools yang ditawarkan dalam sebuah aplikasi manajemen proyek pun beragam. Mulai dari yang berfungsi untuk melakukan tracking berbagai aktivitas pekerjaan, hingga yang kompleks seperti untuk melihat bagaimana project tersebut apakah sudah seperti tujuan yang diinginkan atau tidak. Semakin tinggi atau banyak masalah yang berpotensi muncul, maka akan semakin banyak tools yang dibutuhkan untuk mengelolanya. 
masalah manajemen proyek
Manajemen project adalah sebuah seni, yakni seni mengelola constraints. Di mana, mengerjakan sebuah proyek bukanlah hal mudah nan sederhana. Di baliknya, ada runtutan proses yang rumit dan panjang, belum lagi contraints yang mengelilinginya. Mulai dari sumber daya yang terbatas, sampai sistem yang belum terintegrasi.
Berikut 6 masalah utama yang seringkali kali menghambat kemajuan proyek:
1. Sumber Daya Yang Terbatas (Limited Resource)
2. Laporan vs Realisasi Yang Tidak Akurat (Inaccurate Report vs Realization)
3. Laporan Yang Kompleks (Complex Report)
4. Sistem Yang Belum Terintegrasi (Unintegrated System)
5. Menghabiskan Banyak Waktu dan Mahal (Time Consuming and Expensive)
6. Pengambilan Keputusan Yang Lama (Takes Time for Decision Making)
masalah manajemen proyek
Jika anda membutuhkan aplikasi manajemen proyek dengan kesan profesional yang dibekali dengan berbagai fitur strategis dan penting untuk mengelola sebuah proyek skala kecil, menengah, hingga besar, maka Tomps.id bisa jadi salah satu jawaban terbaiknya. Mengapa?
Tomps hadir dengan membawa berbagai smart project management features yang membantu anda mengelola proyek secara end-to-end. Dari tahap inisiasi sampai dengan closing. Beberapa fitur ini mencakup:
✔ Project Scheduling, Planner, and Completion
✔ Project Tracking 
✔ Project Cost
✔ Project Appraisal
✔ Document & Evidence Repository
✔ Unlimited Cloud
✔ Role Access Management
✔ Vendors Performance Report
✔ Automatic Project Reports
✔ Gantt Chart & S-Curve
✔ Geo-Map Tagging & Visualization
✔ API Integration
✔ Customization-Friendly
masalah manajemen proyek
masalah manajemen proyek
1. Securing Capex
Dengan Tomps, anggaran belanja modal (capital expediture) dapat anda kontrol dengan optimal. Digitalisasi manajemen proyek bersama smart-features dari Tomps memperbesar peluang penyerapan anggaran yang lebih maksimal. 
2. Opportunity Loss and Profit
Beralih menggunakan Tomps sebagai tools manajemen proyek anda membawa dua dampak positif berikut: meminimalisasi peluang loss, dan memaksimalkan efisiensi dan profit. 
3. Customization by Operating Model 
Ingin aplikasi manajemen proyek yang user-friendly dengan jenis proyek sedang anda  jalankan? Semua itu dapat dengan mudah dirasakan bersama Tomps!
Tomps memaksimalkan pengalaman menyenangkan dari digitalisasi manajemen proyek dengan fitur kustomisasi pada aplikasi Tomps yang anda gunakan. Nantinya, anda dapat dengan mudah melakukan kustomisasi hingga integrasi sebuah dengan kebutuhan proyek anda. Hal ini tentu dapat memaksimalkan kemudahan dalam melakukan inisiasi, perencanaan, eksekusi, kontrol, hingga pemantauan kemajuan proyek anda. 
4. On-Cloud and On-Premise
Tomps menyediakan pilihan kemudahan pengelolaan data proyek anda baik secara On-Cloud maupun On-Premise. Ucapkan selamat tinggal pada tumpukan dokumen proyek yang berceceran dan ruang penyimpanan online spreadsheet yang terbatas!
#BiarkanTompsMembantuAnda dan rasakan pengalaman kelola proyek yang lebih mudah dan menyenangkan!

Tertarik mencoba aplikasi manajemen proyek Tomps secara GRATIS?

Klik di sini sekarang!

Tomps, your project management solution!

Sejak 2017, Tomps dipercaya sebagai aplikasi manajemen proyek all in one yang telah membantu mengelola lebih dari 40.000 proyek secara real time berbasis mobile dan web. Fokus utama Tomps adalah menjaga efisiensi dan efektivitas proyek berjalan sesuai perencanaan serta mengontrol keberjalanan proyek yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Coba Tomps Sekarang
product owner3 Sertifikasi Product Owner Yang Berguna Untuk Karier di 2022
s curveApa Itu Kurva S dalam Dunia Manajemen Proyek Konstruksi?