Terjun ke dunia agribisnis, pernah terpikirkan melakukannya? Mengingat komoditas dan potensinya yang masih sangat besar saat ini, sepertinya hal ini bisa mulai anda pertimbangkan matang-matang. 

Istilah agribisnis sendiri berasal dari bahasa inggris “agribusiness” yang merupakan gabungan dari “agriculture” (pertanian) dan “business” (bisnis). Agribisnis adalah serangkaian illmu bisnis (ekonomi manajerial), manajemen, ilmu sistem, ilmu komunikasi dan ilmu penunjang lain yang diterapkan untuk menggerakkan usaha produksi pertanian, kehutanan, peternakan, hingga perikanan.

Banyak alasan yang bisa anda ambil mengapa akhirnya harus mencoba bisnis prospektif ini. Ya, selain masih memiliki sektor komoditas yang tinggi, tren terhadap budidaya hasil pertanian misalnya, sedang menunju ke arah positif saat ini. Selain itu, ada beberapa jenis agribisnis yang tidak selalu memerlukan modal besar dan lahan yang luas. Jika dilakukan secara profesional, agribisnis bisa memberikan anda keuntungan yang menggiurkan. 

Lalu, jenis usaha agribisnis apa yang bisa anda pilih? Simak 10 peluang agribinis yang menjanjikan di tengah pandemi di bawah ini!

agribisnis bisnis pertanian
1. Budidaya Tanaman Hias

Beberapa bulan terakhir, trend positif terhadap bisnis tanaman hias meningkat pesat. Melansir dari Kompas.com, bahkan ada penjual tanaman hias yang mengaku omsetnya naik hingga 300 persen pada akhir tahun lalu. Peluang ini tentu bisa anda lirik sebagai inspirasi agribisnis yang menguntungkan. Tanaman hias sendiri memiliki peluang pasar yang tinggi, mulai dari untuk acara pernikahan, kelulusan, ulang tahun, dan acara-acara lainnya. Jadi, tidak ada salahnya bukan memanfaatkan momentum baik pada bisnis tanaman hias saat ini?

2. Tanaman Hidroponik

Belum memiliki lahan yang luas untuk memulai bisnis agrikultur? Tenang, anda bisa mencoba jenis bisnis tanaman hidroponik. Tanaman hidroponik sendiri adalah metode bercocok tanam  tanpa menggunakan media tumbuh dari tanah. Secara harfiah, hidroponik didefinisikan sebagai penanaman dalam air yang mengandung campuran hara.  Meski perawatannya tidaklah mudah, belum lagi anda juga harus menyiapkan modal yang cukup besar, namun pasar sayuran hidroponik diperkirakan akan terus prospektif. Alasannya, banyak penduduk urban yang kini beralih ke gaya hidup sehat. Selain itu, banyak sekali restoran, hotel, hingga pasar modern yang kini meningkat permintaan sayuran hidroponiknya. 

3. Budidaya Rempah-Rempah

Selanjutnya, ada bisnis budidaya rempah-rempah. Seperti kita tahu, Indonesia merupakan salah satu negara penghasil rempah-rempah terbaik di dunia. Selain kaya akan manfaatnya untuk kesehatan, penggunaan rempah-rempah oleh masyarakat Indonesia pun seakan tidak bisa dilepaskan. Mulai dari kebutuhan dapur, kesehatan, kecantikan, hingga gaya hidup. Karena itu, peluang usaha rempah-rempah sangat menarik untuk anda tekuni. Jika anda menginginkan profit maksimal dari agribisnis ini, maka perhitungkanlah untuk mulai melakukan investasi peralatan operasional mandiri agar tidak bergantung kepada pemasok. 

4. Buah dan Sayur Organik

Ingin membidik pasar menengah ke atas dalam bisnis agrikultur? Maka bisnis buah dan sayur organik bisa anda pilih. Ya, peluang pasar untuk bisnis buah dan sayur organik kini kian terbuka lebar. Hal ini sejalan dengan tingkat kesadaran masyarakat akan kesehatan  mereka di tengah pandemi. Salah satu caranya adalah dengan memilih mengonsumsi buah dan sayuran organik. Selain itu, pangsa pasar buah dan sayuran organik juga terbuka lebar untuk para vegetarian. Tertarik terjun di bisnis ini?

5. Budidaya Jamur Tiram

Apa anda salah satu pencinta jamur? Jika biasanya hanya mengonsumsinya saja, bagaimana jika terjun sebagai pebisnis jamur tiram? Jika awalnya menganggap bahwa ini bukanlah bisnis menjanjikan, maka rasanya anda harus berpikir kali karena ternyata ada petani Jamur Tiram asal Indonesia yang berhasil meraup omzet hingga Rp165 juta per bulan! (Finance.detik.com). 

Budidaya jamur tiram merupakan salah satu peluang agribisnis atau bisnis di bidang pertanian yang menguntungkan. Dengan modal di bawah Rp20 juta, anda sudah bisa memulai bisnis jamur tiram secara profesional. Pengeluaran ini bahkan bisa lebih kecil lagi jika anda sudah memiliki lahan dan bangunan pribadi. Menariknya, harga jual jamur tiram bisa sangat menguntungkan karena banyaknya peminat jamur di pasaran. Apa lagi, jika anda bisa mengolahnya juga menjadi sajian menarik dan lezat, maka harga jualnya pun bisa meningkat.

6. Bercocok Tanam Padi

Padi, bisnis satu ini sepertinya tidak akan lekang dan akan terus menguntungkan mengingat kebutuhannya sebagai makanan pokok, khususnya di Tanah Air. Meski membutuhkan modal yang tergolong besar, bisnis ini tetap bisa menjanjikan anda keuntungan besar. Terlebih, jika anda lihai mencari konsumen di tengah persaingan yang ketat dan tinggi dalam bisnis ini.  

7. Budidaya Tanaman Obat

Meski diselimuti kepanikan besar dari masyarakat, pandemi Covid-19 saat ini bagai dua sisi mata uang yang juga memberikan berkah bagi produsen tanaman obat. Bagaimana tidak, pandemi ini secara otomatis mendorong masyarakat untuk menjaga kesehatan dan awas terhadap penyakit yang menyerang mereka, salah satu caranya melalui konsumsi obat-obatan herbal. Tanaman obat yang tinggi permintaannya di tengah pandemi antara lain jahe, kunyit, temulawak dan tanaman herbal lainnya. Permintaan ini bahkan dikatakan meningkat pesat pada beberapa startup pertanian di Indonesia, bahkan hingga 300 kali lipat!

8. Benih Tanaman 

Seiring dengan tren hobby bercocok tanam yang kian tinggi saat ini, peluang bisnis benih tanaman pun juga menarik untuk dilirik. Peluang usaha benih tanaman juga didasari dari ketertarikan banyak masyarakat untuk berkun di rumah. Menjual benih tanaman memang jadi salah satu bisnis yang menguntungkan, namun juga harus diiringi dengan pengetahuan perkebunan yang mumpuni. Jika anda belum siap akan hal itu, maka peluang bisnis benih tanaman sebagai reseller bisa anda pilih. 

9. Pupuk Tanaman

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, tren hidup sehat dengan mengonsumsi makanan organik sedang menjadi fenomena tersendiri saat ini. Bukan hanya melirik peluang dari tanamannya saja, peluang bisnis juga bisa anda temukan dari sisi kebutuhan pupuknya. Dari sekian banyak jenis pupuk yang bisa anda olah, jenis pupuk kompos bisa menjadi pilihan utama karena tingkat permintaannya yang tinggi di pasaran. 

10. Usaha Alat-Alat Pertanian

Sebagai negara agraris, Indonesia mempunyai banyak sekali lahan pertanian dan komoditas pertanian yang memenuhi kualifikasi ekspor. Hal ini juga terlihat dari siklus kegiatan pertanian di Indonesia yang masih tinggi karena kebutuhan akan hasil pertanian sebagai bahan makanan pokok masyarakat. Di sinilah bisnis alat-alat pertanian bisa terlihat memiliki pasar yang sebegitu besarnya. Tanpa anda sebagai pemasok alat-alat pertanian, maka kegiatan pertanian tidak akan berjalan. Jadi, terjun di bidang ini masihlah memiliki peluang keuntungan yang besar hingga tahun-tahun kedepan. Selama masyarakat masih mengonsumsi hasil pertanian sebagai bahan makanan pokok, maka selama itu pula keberlanjutan bisnis anda bisa terus menemui masa depan cerah. 

Itu dia 10 peluang agribisnis yang menjanjikan di tengah pandemi yang bisa anda coba. Perbaharui selalu informasi terkini seputar manajemen proyek di sini bersama Tomps.id, your project management solution!

Itu dia 10 peluang agribisnis yang menjanjikan di tengah pandemi yang bisa anda coba. Perbaharui selalu informasi terkini seputar manajemen proyek di sini bersama Tomps.id, your project management solution!