By Published On: 25 Januari 2022Categories: Artikel1,8 min read

Berbicara tentang manajemen proyek, tentu tidak lepas dari jenis laporan satu ini. Ya, Kurva S!

s curve

Apa Itu Kurva S?

Kurva S adalah salah satu metode perhitungan yang populer digunakan dalam dunia konstruksi. Melansir dari Wrike, dalam istilah manajemen proyek, kurva satu ini adalah sebuah grafik matematis yang menggambarkan data kumulatif sebuah proyek. Seperti biaya atau durasi waktu kerja (man hours) yang telah digunakan, ataupun persentase (%) waktu pekerjaan diselesaikan.
Dalam manajemen proyek, kurva satu ini berfungsi melacak perkembangan atau kemajuan sebuah proyek. Di mana, dalam iklim bisnis yang mengedepankan nilai kecepatan, pengerjaan proyek haruslah berjalan dan diselesaikan sesuai jadwal dan anggaran yang telah ditetapkan.
Dalam penggunaannya secara umum, kurva ini digunakan untuk mengukur kemajuan pengerjaan proyek, mengevaluasi kinerja, hingga sebagai bahan pertimbangan untuk membuat perkiraan arus kas. Kurva S banyak digunakan karena mampu menampilkan data kumulatif real-time dari berbagai elemen proyek dan membandingkannya dengan data yang diproyeksikan. Jika ada elemen dalam proyek yang terlihat harus dievaluasi, maka hal itu juga dapat teridentifikasi melalui Kurva S ini.

Mengapa Berbentuk “S”?

Lalu mengapa ya bentuk kurva ini harus “S”? Meski tak selalu berbentuk S sempurna, kurva ini seringkali berbentuk “S” karena pertumbuhan proyek pada tahap awal biasanya lambat. Garis awal digambarkan sebagai kondisi di mana roda proyek baru mulai berputar, anggota tim sedang meneliti proyek dan mereka baru terlibat dalam tahap pertama pelaksanaan. Di mana, tahap awal ini bisa memakan waktu lebih lama sebelum mereka menemui adanya masalah yang harus diselesaikan.
Kemudian, seiring dengan kemajuan yang dicapai, pertumbuhan akan semakin cepat. Hal inilah yang menciptakan kemiringan ke atas yang membentuk bagian tengah huruf “S”. Titik ini adalah ‘titik lentur’, di mana periode ini akan ada banyak perubahan pada frekuensi kerja tim hingga anggaran proyek yang dikeluarkan.
Setelah titik ini, maka akan muncul titik stabil. Di mana, di titik ini biasanya sebagian besar pekerjaan proyek telah selesai dan mulai memasuki masa tenang.
Jadi, apakah Teman Tomps sudah memahami dengan baik apa itu Kurva S dan arti lekukan “s” di dalamnya?
Perbarui selalu informasi menarik lainnya di sini dan dapatkan solusi manajemen proyek terbaik anda bersama Tomps.id, your project management solution!

Sejak 2017, Tomps dipercaya sebagai aplikasi manajemen proyek all in one yang telah membantu mengelola lebih dari 40.000 proyek secara real time berbasis mobile dan web. Fokus utama Tomps adalah menjaga efisiensi dan efektivitas proyek berjalan sesuai perencanaan serta mengontrol keberjalanan proyek yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Coba Tomps Sekarang
masalah manajemen proyek yang dihadapi project manager6 Masalah Manajemen Proyek Yang Harus Dihadapi Project Manager
apa itu scrum apa manfaat scrumApa Pengertian Scrum? Kenali Agile Populer Ini Dalam 5 Menit