Apa anda pernah mendengar isitilah “Scrum Master”? Posisi satu ini punya peran penting jika perusahaan anda menggerakan proyeknya dengan metodologi Agile yang kerangka kerjanya berjenis scrum.

Apa itu Scrum Master?

Mengutip dari Scrum Guide, Scrum Master adalah seseorang yan bertanggung jawab untuk menetapkan prinsip-prinsip Scrum seperti yang sudah didefisinikan dalam Scrum Guide. Mereka disebut sebagai pemimpin yang melayani Scrum Team maupun seluruh orang dalam organisasi untuk memahami teori dan praktik dari scrum. Mereka melakukan ini untuk memaksimalkan nilai bisnis yang di hasilkan oleh Scrum Team sesuai dengan kerangka scrum.

Sederhananya, pengertian Scrum Master adalah seseorang yang bertugas untuk mendukung atau menyokong keseluruhan Scrum Team untuk bekerja sesuai dengan kaidah scrum. Tujuannya, agar setiap fase dalam scrum bisa berjalan secara tertib sehingga value dari hasil yang ada dapat sesuai dengan plan yang sudah dibuat. 

Scrum master

Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Scrum Master?

Tugas dan Tanggung Jawab Scrum Master Kepada Product Owner:

  1. Memastikan tujuan, ruang lingkup dan ranah produk dapat dipahami sebaik mungkin oleh seluruh Scrum Team.
  2. Memahami perencanaan produk di dalam lingkungan empiris.
  3. Memastikan Product Owner paham bagaimana mengelola product backlog (daftar kebutuhan (wishlist) untuk mengembangkan produk) yang dapat memaksimalkan nilai bisnis
  4. Menemukan teknik yang paling efektif untuk mengelola product backlog.
  5. Membantu Scrum Team untuk memahami pentingnya product backlog item yang jelas dan padat.
  6. Memahami dan mempraktikkan agility.
  7. Memfasilitasi acara-acara scrum (sejenis rapat wajib dalam scrum yang rutin diselenggarakan) bila diminta atau dibutuhkan oleh organisasi.

Tugas dan Tanggung Jawab Scrum Master Kepada Development Team:

  1. Membantu Development Team untuk menghasilkan produk dengan nilai bisnis tinggi.
  2. Membimbing Development Team agar dapat melakukan swakelola dan lintas-fungsi.
  3. Menghilangkan hambatan yang dapat menghambat pekerjaan Development Team.
  4. Membimbing Development Team di organisasi dimana scrum belum sepenuhnya dipraktikkan dan dipahami.
  5. Memfasilitasi acara-acara scrum bila diminta atau dibutuhkan.

Tugas dan Tanggung Jawab Scrum Master Kepada Organisasi:

  1. Memimpin dan membimbing organisasi dalam menggunakan scrum.
  2. Merencanakan implementasi scrum di dalam organisasi.
  3. Membantu pegawai dan pemilik kepentingan untuk memahami dan menggunakan scrum dan pengembangan produk secara empiris.
  4. Membuat perubahan yang dapat meningkatkan produktivitas Scrum Team.
  5. Bekerja dengan Scrum Master lainnya untuk meningkatkan efektivitas dari penggunaan scrum di dalam organisasi.

Apakah Ada Sertifikasi Untuk Scrum Master?

Untuk membuktikan diri anda memiliki kredibilitas sebagai seorang Scrum Master secara sah, maka anda bisa mengejar sertifikasi CSP. Apa itu CSP?

CSP (Certified Scrum Professional) adalah sertifikasi khusus untuk para Scrum Master. Ya, CSP adalah sertifikasi terkemuka yang menunjukkan bahwa sang penerimanya telah memiliki pengetahuan dan pengalaman yang mumpuni mengenai scrum, baik pratis maupun teoritis. 

Untuk menerima sertifikasi CSP, anda bukanlah diminta untuk mengikuti ujian seperti 3 jenis sertifikasi sebelumnya. Melainkan, anda harus berhasil menyelesaikan 3 kredensial tingkat awal sebelumnya: Certified Scrum Master (CSM), Certified Scrum Product Owner (CSPO), dan Certified Scrum Developer (CSD). Total, para peserta yang ingin mendapatkan sertifikasi CSP ini harus memiliki setidaknya 70 kelas pendidikan Scrum yang diikuti dan 36 bulan mengelola Scrum yang semuanya dikumpulkan pada 5 tahun terakhir. Tertarik mencobanya?

Itu dia pengertian Scrum Master beserta tugas, tanggung jawab, dan sertifikasinya yang telah Tomps.id rangkum untuk anda. Perbaharui selalu informasi terkini tentang manajemen proyek di sini bersama Tomps.id, your project management solution!