“Penasaran, gaji untuk project manager berapa, sih?” Apa anda salah satu yang pernah bertanya-tanya mengenai hal ini?

Project manager adalah ujung tombak sebuah kesuksesan sebuah proyek. Tak ayal, ia punya segudang pekerjaan vital mulai dari planning, executing, monitoring, hingga reporting dalam sebuah proyek. Lalu, kira-kira project manager mampu mengantongi pendapatan sebesar apa, ya?

gaji project manager

Faktor Yang Mempengaruhi Gaji Project Manager

Melansir data terbaru dari PMI dalam Project Management Salary Survey—Eleventh Edition, ada beberapa faktor yang mempengaruhi pendapatan seorang project manager. Faktor-faktor yang mempengaruhinya antara lain:

  1. Posisi atau Jabatan
  2. Waktu Pengalaman
  3. Negara
  4. Ukuran Nilai Proyek (Besaran Anggaran dan Jumlah Tim)

Tak hanya itu, PMI juga menulis bahwa ada peningkatan pendapatan yang signifikan di kalangan project manager jika mereka telah tersertifikasi Project Management Professional (PMP). Dari catatan respoden survey, dikatakan bahwa rata-rata kenaikan pendapatan project manager yang memegang sertifikat PMP adalah sekitar 22% dibanding project manager yang belum memilikinya. 

Menariknya, Indonesia yang baru terdaftar dalam survey terbaru PMI ini ternyata masuk dalam urutan ke-2 sebagai negara dengan kenaikan persentase gaji tertinggi untuk project manager yang bersertifikat PMP. Kenaikannya mencapai sebesar 80%!

Posisi pertama dipegang oleh Filipina dengan kenaikan pendapatan hingga 84% untuk project manager bersetifikat PMP. Di posisi ke-3, ada Africa Selatan dan Kolombia dengan kenaikan pendapatan hingga 42%. 

Gaji Rata-Rata Project Manager 2020 Versi PMI

Masih melansir dari data yang sama, gaji rata-rata seorang project manager tertinggi di dunia saat ini dipegang oleh Swiss, yakni sebesar $132.086 atau sekitar Rp1,8 miliar per tahunnya. Kemudian disusul Amerika Serikat dan Australia sebesar $116.000 dan $101.381 atau sekitar Rp1,6 miliar dan Rp1,4 miliar. Sedangkan, gaji rata-rata terendah untuk project manager dipegang oleh Pakistan dan Mesir, yakni sebesar $14.914 dan $13.933 atau sekitar Rp213 juta dan Rp198 juta per tahun. 

Berikut data lengkap gaji rata-rata project manager dari 42 negara di seluruh dunia:

gaji project manager

Pendapatan Project Manager 2020 Menurut Rentang Tahun Pengalaman

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pendapatan seorang project manager salah satunya juga dipengaruhi oleh waktu pengalamannya di bidang manajemen proyek. Untuk itu, berikut data pendapatan project manager berdasarkan rentang tahun pengalaman selama kurang dari 3 tahun, hingga lebih dari 20 tahun:

gaji project manager

Bagaimana, apakah rasa penasaran anda sudah terjawab?

Setelah melihat uraian di atas, ternyata ada perbedaan mencolok antara project manager yang memegang sertifikat PMP dan yang tidak. Bagaimana tidak, kenaikannya bahkan hingga lebih dari 80%! 

Kalau sudah semenarik ini, apakah anda salah satu yang mulai berencana mengikuti ujian PMP tahun 2021 nanti?