By Published On: 22 Desember 2021Categories: Artikel2 min read

Membuat laporan proyek tentu menjadi hal yang penting untuk kelancaran proyek dan bisnis itu sendiri. Namun, masihkan anda membuat laporan ini secara manual yang memakan banyak waktu?

contoh laporan proyek harian mingguan bulanan

Secara umum, project report dapat diartikan sebagai sebuah dokumen yang disiapkan oleh ahli atau penanggung jawab yang berisikan berbagai informasi mengenai kondisi sebuah proyek. Dalam project report, anda dapat mengetahui berbagai jenis informasi seperti laporan teknikal, finansial, operasional, dan lain-lain. Semua laporan ini tentu dibutuhkan pemangku kepentingan untuk membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kondisi proyek yang dilaporkan.

Adanya project report bukan hanya esensial untuk stakeholder dari high-level saja, namun seluruh tim anda. Melalui project report, anda dan tim dapat bersama-sama melacak perkembangan status proyek terkini dan membuat plan vs realization report. Laporan proyek juga bisa menjadi sebuah dokumen rencana bisnis (business plan) yang mendeskripsikan objektivitas dan tujuan utama dari sebuah proyek. Melalui project report ini, anda dapat mentransformasikan berbagai ide menjadi sebuah usaha produktif yang lebih strategis.  Tidak hanya itu, anda juga dapat mengidentifikasi risiko yang mungkin muncul dan membuat rencana penanggulangannya.

aplikasi manajemen proyek

Ada beberapa jenis project report yang umum digunakan untuk mengevaluasi kondisi sebuah proyek. Beberapa di antaranya adalah:

1. Status Reports

2. Expense / Budget Reports

3. Resource Workload Reports

4. Executive Reports

5. Risk Reports

6. Baseline Reports

7. Team Performance Reports

8. Variance Reports

9. Project Tracking Reports

10. S-Curve

11. Gantt Chart

12. dan lain-lain. 

Banyak sekali bukan? Bayangkan jika anda diminta oleh project owner atau project sponsor untuk mengirimkan berbagai proyek ini dalam waktu terbatas. Tentu sangat merepotkan, apalagi jika masih dikerjakan secara manual. 

Project Tracking Reports

laporan proyek

S-Curve Reports

laporan proyek

Gantt Chart Reports

laporan proyek

Executive Summary Reports

laporan proyek

Project Cost & Budget Reports

laporan proyek

Issue Reports

laporan proyek
Mulai efisiensikan waktu anda untuk membuat laporan proyek bersama Tomps!
Klik di sini untuk Free Demo

Sejak 2017, Tomps dipercaya sebagai aplikasi manajemen proyek all in one yang telah membantu mengelola lebih dari 40.000 proyek secara real time berbasis mobile dan web. Fokus utama Tomps adalah menjaga efisiensi dan efektivitas proyek berjalan sesuai perencanaan serta mengontrol keberjalanan proyek yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Coba Tomps Sekarang
tugas dan tanggung jawab product manager10 Skill Product Manager Yang Harus Anda Kuasai Di 2022
tips mengelola beberapa proyek secara bersamaanSelain Serial Monotasking, Ini 10 Tips Mengelola Beberapa Proyek Secara Bersamaan