Ingin ambil bagian menjadi project manager dalam sebuah proyek impian anda? Kalau begitu, pastikan untuk memiliki 5 skill ini jika ingin menjadi project manager yang handal, ya!

Ya, hal ini lantaran project manager adalah ujung tombak yang menentukan kesuksesan sebuah proyek perusahaan. Untuk mencapainya, seorang project manager haruslah seorang yang memiliki pengetahuan mumpuni mengenai proyek yang dipegangnya, berorientasi pada kesuksesan proyek, terorganisir dalam bekerja, dan juga memiliki semangat tingkat tinggi. Tapi, peran project manager bukan hanya terpaku pada keahlian tadi saja. Ada beberapa skill dasar namun penting yang harus dimiliki seorang project manager. 

Mau tahu apa saja? Simak 5 skill yang harus dimiliki project manager agar sukses di bawah ini, ya!

1. Pandai Membuat Keputusan

Pernah merasa kesulitan untuk membuat keputusan? Kalau iya, maka artinya harus secara serius mengasah skill penting yang satu ini. Salah satu cara terbaik untuk untuk membuat sebuah keputusan terbaik demi lancarnya pekerjaan proyek adalah memiliki data selengkap-lengkapnya. Dengan memiliki data yang lengkap dan kuat, maka anda bisa dengan mudah membaca situasi seperti apa yang sedang terjadi.

Sayangnya, data-data proyek seringkali tercecer dan memusingkan sang project manager. Kalau sudah begini, bagaimana anda bisa membuat keputusan yang terbaik, ya? Salah stau cara terbaik untuk mengatasi permasalah ini adalah dengan memanfaatkan aplikasi manajemen proyek. Di mana, penggunaan fitur-fitur aplikasi manajemen proyek ini dapat membantu anda dalam melakukan pengarsipan dokumen, penjadwalan tugas, hingga monitoring proges pengerjaan proyek di lapangan hanya lewat gawai digenggaman. Hasilnya, anda pun mampu membuat keputusan terbaik untuk proyek yang sedang dikerjakan!

2. Berkomunikasi Secara Efektif

Komunikasi yang efektif sangatlah penting untuk meningkatkan produktivitas dan semangat kerja tim. Bayangkan jika anda sebagai project manager memberikan instruksi kerja dengan bahasa yang sulit dimengerti dan tidak efektif, pastinya hal itu dapat mengganggu ritme kerja tim dan memperkecil peluang kesuksesan proyek, bukan?

3. Jeli Mengidentifikasi Skill Anggota dalam Tim

Dalam sebuah proyek, seorang project manager tentunya bekerja sama dengan tim. Di mana, kepribadian dan skill tiap anggota dalam tim tersebut pastinya berbeda-beda. Hal inilah yang kemudian harus anda sadari atau identifikasi. Anda sebagai seorang pemimpin proyek harus dapat dengan jeli mengidentifikasi kelebihan, kekurangan, hingga sifat dan hubungan interpersonal anggota dalam tim untuk mengatur pola kerja yang sesuai dengan mereka. Hal ini penting, karena penempatan anggota dalam tim atau job desk yang kurang tepat dengan mereka, akan membuat produktivitas pengerjaan proyek berkurang. Untuk mengatasinya, anda bisa melakukan pelatihan, seminar, dan kegiatan team building bersama dan agar para anggota mendapatkan skill baru dan hubungan kerja dalam tim menjadi lebih baik dan produktif.

4. Memiliki Sudut Pandang Manajemen Makro

Ada banyak kasus di mana project manager melihat proyek yang dijalankannya hanya dalam sudut pandang manajemen mikro. Padahal, ia seharusnya bisa membuat gambaran besar pola kerja proyek besar yang sedang dikendalikannya, atau dalam sudut pandang manajemen makro. Jika kasus ini terjadi, maka project manager biasanya akan lebih berfokus pada masalah yang terjadi pada individu atau anggota tim dan mengontrol terlalu berlebihan cara bekerja anggota tim tersebut. Hal ini akhirnya akan membuat project manager kehilangan gambaran besar tentang bagaimana pola kerja sebuah tim seharusnya berjalan.

5. Aktif Mengontrol Perkembangan Proyek

Ketika menjadi seorang project manager, maka anda bertanggung jawab untuk untuk mengontrol jadwal kerja, mendokumentasikan data proyek, memonitor penggunaan budget, hingga memantau progress kerja sesuai deadline. Sayangnya, project manager seringkali kesulitan untuk mengontrol itu semua lewat cara tradisional yang memerlukan banyak berkas fisik. Beruntungnya, Tomps menawarkan kemudahan untuk memantau seluruh tanggung jawab project manager di atas hanya dalam satu aplikasi. Everyone can be a good project manager with Tomps!

Ketahui lebih banyak wawasan tentang manajemen proyek di sini bersama Tomps.id, yuk!