Project manager ternyata memiliki jenis yang berbeda-beda. Namun, sayangnya banyak eksekutif yang tidak menyadari bahwa perbedaan jenis iniĀ harus disesuaikan dengan kebutuhan pengembangan proyek mereka. Padahal, untuk mengejar perkembangan proyek suatu perusahaan secara berkelanjutan dan optimal, anda membutuhkan empat jenis project manager yang berbeda.

Namun, apakah setiap perusahaan membutuhkan keempat jenis project manager di bawah ini? Jawabannya bisa saja iya. Alasannya, industri yang sangat dinamis dan konservatif sekalipun pasti bisa terancam oleh berbagai masalah. Mereka pun membutuhkan peluang pertumbuhan yang dapat diukur dan dinilai secara realistis. Karena itulah, mereka membutuhkan keempat jenis ini untuk berbagai masalah dan kebutuhan yang berbeda. Jika tidak segera disadari, peluang pertumbuhan perusahaan mungkin akan hilang karena mereka terbiasa bergantung pada satu tipe project manager saja.

Jenis Project Manager

Lalu, apa saja ya 4 jenis project manager ini?

  1. Prophet Project Manager
    Jenis prophet project manager adalah seorang project manager yang menantang dan mengejar peluang dari sebuah perusahaan yang mungkin sempat terlewat atau belum disadari.Ā Project managerĀ ini biasanya akan mengejar peluang bisnis di ranah yang sangat sulit didapatkan informasi. Sebagai prophet project manager, anda harus memiliki visi besar untuk menumbuhkan perusahaan dengan sudut pandang berbeda dan berstatus quo. Artinya, anda mungkin tidak selalu memiliki bukti-bukti kuat secara fisik untuk mendukung terobosan anda. Karenanya, anda harus tampil menawan dan kuat secara persuasif untuk meyakinkan client agar mereka melihat peluang yang sama dari terobosan yang anda paparkan.
  1. Gambler Project Manager
    Gambler project manager adalah project manager yang bekerja sesuai aturan, namun bertaruh pada ide peluang pertumbuhan perusahaan yang bisa saja berhasil dan memberi keuntungan signifikan, atau gagal dan mengakibatkan kerugian. Sebagai seorang petaruh, gambler project manager akan memberikan persuasi kepada perusahaan untuk berani mengambil resiko demi mencapai prestasi baru. Meski berisiko, mereka aset yang dibutuhkan perusahaan untuk melihat peluang di sektor mereka yang mati, yang kemudian diubahnya menjadi sektor yang sukses dan menguntungkan.
  1. Expert Project Manager
    Berbeda dengan prophet project manager, jenis expert project manager adalah bukan seorang pengambil resiko tanpa bukti yang kuat. Ya, expert project manager akan mengembangkan peluang perusahaan dengan mengejar ide-ide yang mungkin berada hingga luar batasan strategis perusahaan, namun memiliki bukti atau pemaparan kuat mengapa peluang itu dapat berhasil. Mereka juga didukung oleh banyak pihak yang percaya pada keahlian mereka untuk melihat peluang agar perusahaan berkembang. Sebagai seorang expert (ahli), tantangan utama mereka adalah membuat para eksekutif dan karyawan lainnya untuk bergerak keluar dari zona nyaman untuk mengejar peluang yang berada diluar strategi keberlanjutan perusahaan.
  1. Executor Project Manager
    Sesuai namanya, jenis executor project manager adalah seorang yang akan mencari peluang pertumbuhan yang berada di dalam ranah perusahaan dan sudah memiliki catatan keberhasilan. Project managerĀ  satu ini dapat dikatakan bebas risiko dari ide-ide yang ekstrim dan menantang. Meskipun begitu, hal ini adalah keputusan yang paling aman dan pasti untuk menyukseskan sebuah proyek perusahaan.

Itu dia empat jenis project manager yang harus anda ketahui. Kira-kira, Teman Tomps termasuk jenis yang mana? Ketahui lebih banyak wawasan tentang manajemen proyek di sini bersama Tomps, yuk!