Teman Toms, apa anda sudah mengenal apa itu manajemen proyek? Kalau belum coba kenal lebih dekat apa itu manajemen proyek, yuk!

Meskipun tidak memiliki latar belakang pendidikan tentang manajemen, memahami apa itu manajemen proyek bisa dikatakan penting jika anda berkutat pada proyek-proyek di ranah bisnis, industri hingga konstruksi. Hal ini lantaran anda harus tahu dengan baik cara mengelola dan menyukseskan sebuah proyek yang sedang anda garap. Di mana, pengetahuan manajemen proyek yang mumpuni berperan besar di sana.

maritim

Definisi manajemen

Menurut Ricky W.Griffin, manajemen adalah sebuah proses perencanaan, organisasi koordinasi, dan kontrol pada sumber daya agar tujuan tercapai secara efektif dan efisien. Arti kata efektif di sini diartikan sebagai keadaan di mana tujuan tercapai sesuai rencana, dan kata efisien diartikan sebagai kegiatan manajemen yang dilakukan secara cermat, terorganisir, dan tepat waktu. Secara umum, manajemen dapat diartikan sebagai sebuah seni dalam ilmu dan pengorganisasian yang terdiri dari menyusun rencana, membangun organisasi dan pengorganisasiannya, hingga pengendalian dan pengawasan.

Definisi proyek

Proyek dapat didefinisikan sebagai kegiatan sekali lewat yang dibatasi oleh anggaran, jadwal, dan mutu, (triple constraint). Berbeda dengan kegiatan operasional umum perusahaan, kegiatan proyek memiliki sifat yang khusus sehingga membuat kedua jenis kegiatan ini terpisah. Perbedaannya antara lain terletak pada sifat kegiatan proyek yang tidak rutin, siklusnya pendek, bersifat dinamis, dan terdiri dari banyak pekerjaan dengan intensitas yang mudah berubah-ubah.

Pengertian manajemen proyek

Jadi, pengertian manajemen proyek adalah usaha pengerjaan suatu proyek yang dibatasi oleh anggaran, jadwal, dan mutu dengan tujuan tercapainya proyek tersebut secara efisien dan efektif. Usaha pengerjaan yang di maksud di atas meliputi proses Planning (Perencanaan), Organizing  (Pengaturan), dan Controlling (Pengendalian)

Skill manajemen proyek penting untuk dikuasai bukan tanpa alasan kuat. Lewat manajemen proyek yang baik, anda bisa mengelola risiko trial dan error dengan tenang dan tepat, memaksimalkan potensi anggota dan tim, mampu membuat sketsa perencanaan proyek yang tepat, jeli memanfaatkan peluang, dan mampu menjaga integrasi proyek agar terus berkesinambungan.

Contoh manajemen proyek

Masih bingung bagaimana gambaran contoh manajemen proyek? Tenang, simak 4 contoh bidang manajemen proyek beserta penjelasan di bawah ini, yuk!

  1. Proyek konstruksi: Contohnya adalah pembangunan gedung, jalan raya, jalan tol, jembatan, pabrik, jalur transportasi dan fasilitas publik, dan lain sebagainya.
  2. Protek manufaktur: Contohnya adalah kegiatan menciptakan sebuah produk atau jasa baru yang dimulai dari tahap perancangan hingga produksi.
  3. Proyek penelitian: Contohnya adalah kegiatan pengembangan atau perbaikan suatu produk atau jasa agar kualitasnya meningkat.
  4. Proyek padat modal: Contohnya adalah kegiatan pengadaan atau pembelian suatu produk atau jasa, pembebasan tanah, dan lain sebagainya.

Itu dia pengertian manajemen proyek beserta contohnya. Cari tahu pengetahuan lainnya tentang manajemen proyek di sini bersama Tomps, yuk!