“Apa hanya saya yang selama WFH merasa tidak semangat dan pola kerja jadi berantakan?”

Tenang, anda tidak sendiri dalam bergulat untuk beradaptasi dengan pola kerja baru ini, kok!

Di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini, kebijakan Work From Home (WFH) memang sudah lama diterapkan untuk meminimalisir penyebaran virus. Meski diartikan bekerja dari rumah, tak serta-merta membuat pola kerja ini mudah dan nyaman bagi semua orang. Banyak dari kita yang bahkan menemukan kesulitan untuk mengatur fokus dan produktivitasnya karena jauh dari suasana formal ruang kantor. Jika fokus terganggu, bisa jadi anda justru bisa lebih banyak menghabiskan waktu untuk rebahan atau scrolling media sosial di tengah jam kerja.

Karena itu, berikut Tomps rangkum 7 cara mengatur pola kerja saat WFH agar anda bisa tetap produktif dan efisien. 

WFH

1. Tekankan Pada Mindset Anda “Ini Waktunya Bekerja”

Terbiasa bekerja dengan suasana kantor yang sibuk dan beralih dengan mengetik di kamar tentu tidak mudah. Suasana ruang kantor biasanya membawa pola pikir (mindset) pada produktivitas, sedangkan suasana rumah membawa mindset pada relaksasi atau bersantai. 

Maka dari itu, penting untuk menekankan pola pikir “fokus, ini waktunya bekerja” saat jam kantor di mulai. Anda juga bisa mengatur desain pada sudut area kerja di rumah yang dirasa akan meningkatkan fokus dan kenyamanan selama bekerja. 

 2. Coba Untuk Sedikit Berdandan Selayaknya Ingin Pergi Ke Kantor

“Selama WFH, saya tidak perlu mandi dan bisa tetap menggunakan piyama sampai sore hari”

Awas, kebiasaan ini bisa mempengaruhi psikologis anda selama bekerja sehingga jadi cenderung mudah mengantuk dan kurang produktif. 

Karena itu, cobalah untuk tetap melakukan rutinitas saat ingin pergi ke kantor meski saat WFH. Seperti memulai diri dengan mandi, menggunakan pakaian yang rapi dan nyaman, hingga menggunakan riasan wajah yang tipis jika diinginkan. Ini dapat membantu anda untuk tetap fokus pada pekerjaan dan meningkatkan produktivitas.

Hal ini juga didukung penelitian dari Harvard University tahun 2017 yang menemukan bahwa penggunaan riasan wajah ternyata dapat meningkatkan emosi positif dan kepercayaan diri yang menghasilkan peningkatan performa kognitif.

3. Meminimalisir Gangguan

Saat bekerja dari rumah, mungkin akan lebih banyak gangguan yang anda alami karena berada jauh dari situasi formal kantor. Jika tidak segera diatasi, gangguan-gangguan ini akan menghilangkan fokus anda dan menghabiskan banyak waktu yang seharusnya digunakan untuk bekerja. Beberapa hal yang mungkin dapat anda lakukan untuk mengatasi gangguan yang muncul adalah:

  • Buat Gadget Anda Sulit Dijangkau

Anda mematikan notifikasi atau meletakan ponsel anda di dalam laci atau di ruangan yang berbeda. Tujuannya, agar anda dapat mengurangi kebiasaan menjangkau ponsel untuk sekadar mengecek notifikasi yang berujung pada scrolling aplikasi sosial media. 

  • Mematikan Televisi

Punya kebiasaan untuk menonton televisi saat anda mulai bosan dengan pekerjaan? Cobalah untuk mencabut kabel listrik televisi anda atau bekerja di ruangan yang jauh dari pandangan televisi. Hal ini akan membuat anda tetap fokus dalam bekerja tanpa memikirkan episode lanjutan dari serial favorit anda. 

  • Selesaikan Pekerjaan Rumah Sebelum Bekerja

Lantai yang berdebu, pakaian yang berantakan, piring yang bertumpuk, hingga keran yang bocor juga bisa mengganggu fokus anda selama bekerja. Bekerja dengan pemandangan dan suara yang mengganggu bisa membuat anda tidak tenang dan bahkan merusak mood.  Jadi, pastikan untuk menyelesaikan pekerjaan rumah anda terlebih dahulu sebelum bersiap untuk bekerja, ya!

4. Jika Dibutuhkan, Bunyikan Alarm Saat Waktunya Istirahat

Ketika bekerja di rumah, anda mungkin akan menganggap menyelesaikan pekerjaan sampai waktu tidur bukanlah masalah. Namun, kebiasaan inilah yang kemudian akan membawa anda pada kecenderungan untuk tidak produktif di jam yang semestinya. Karenanya, cobalah untuk mengatur waktu kerja, istirahat makan siang, dan relaksasi anda. Jika diperlukan, anda juga bisa memasang suara alarm sebagai bentuk pengingat. Ini akan membantu anda melakukan WFH dengan produktif dan efektif. 

5. Berpikiran Positif

Berbeda dengan saat kita bertukar pendapat dengan rekan kerja secara langsung, WFH membawa kita beralih ke online texting sebagai alat komunikasi utama selain telepon dan video call. Hal ini tentu akan membawa banyak perbedaan, salah satunya cara membaca pesan yang mungkin diartikan berbeda antara pengirim dan penerima. 

Jika dalam emosi yang tidak baik, pesan yang seharusnya bernada netral bisa diartikan negatif oleh salah satu atau kedua pihak. Oleh karena itu, penting untuk kita berpikiran positif selama berbicara dengan rekan kerja via text. Jika dirasa ada yang perlu dipastikan, lakukan pembicaraan via telepon atau video call jika diperlukan. 

6. Buat Rutinitas Saat Waktu Kerja Selesai

Masih sering berkutat pada pekerjaan di luar jam kerja yang sebetulnya bisa diselesaikan esok hari? Salah satu penyebabnya mungkin adalah anda yang tidak memberikan tanda sign-off untuk menandakan waktu kerja yang sudah berakhir. Menutup berkas kantor, mematikan laptop dan menonaktifkan ponsel kantor setelah jam kerja usai adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan. 

7. Gunakan Akhir Pekan Untuk Kegiatan Pengembangan Diri

“Hari minggu, saatnya menyelesaikan tugas untuk besok agar Senin bisa lebih santai”

Teman Tomps, pola pikir satu ini harus anda hindari, ya!

Akhir pekan adalah waktu berharga anda yang bisa dimanfaatkan untuk kebaikan diri anda sendiri. Daripada menyelesaikan tugas untuk Senin besok, anda bisa mencoba untuk mengikuti webinar, kursus, dan aktivitas pengembangan diri lainnya yang bisa bermanfaat untuk pengembangan diri dan karir anda. Jadi, jangan sia-siakan waktu berharga ini, ya!

Itu dia ulasan mengenai 7 cara mengatur pola kerja saat WFH. Nomor berapa yang paling pertama akan mulai anda coba lakukan?

Temui berbagai informasi lainnya tentang manajemen proyek di sini bersama Tomps.id, your project management solution!