Pernah kesulitan dalam memantau anggaran proyek? Apakah anda yakin bahwa material proyek yang digunakan benar-benar sesuai dengan apa yang dianggarkan? Hilangkan kegelisahan ini dengan beralih ke Aplikasi Manajemen Proyek Tomps sekarang!

Manajemen anggaran adalah salah satu hal paling penting dan menantang dalam sebuah siklus proyek. Manajemen anggaran adalah aktivitas perhitungan untuk memperkirakan berapa biaya yang akan dikeluarkan sebuah proyek.  Manajemen anggaran yang efektif dapat memastikan bahwa anggaran proyek berada di jalur yang benar dan akan diselesaikan sesuai dengan ruang lingkup yang telah direncanakan. Tanpa manajemen anggaran yang baik, bukan tidak mungkin akan terjadi pembengkakan biaya (cost overrun) dalam proyek anda. 

Melansir dari Smallbusiness, setidaknya ada sekitar 85% proyek yang mengalami over budget atau cost overrun dari perencanaan anggaran awalnya. Cost overrun sendiri adalah kondisi di mana biaya yang dikeluarkan sebuah proyek yang melebihi anggaran proyek yang sudah di ditetapkan di tahap perencanaan. Cost overrun proyek dapat secara dramatis memotong margin dan keuntungan secara substansial. Untuk meminimalkan dan mencegah hal tidak menyenangkan ini, penting untuk memperhatikan detail pada perencanaan awal proyek. Salah satu detail yang patut anda perhatikan adalah “Apa sistem yang saat ini saya gunakan untuk mengontrol anggaran proyek? Apa sistem ini sudah bekerja dengan maksimal?”.

aplikasi manajemen proyek

Tahukah anda, salah satu penyebab kegagalan sebuah proyek adalah kurangnya akses Key Performance Indicators (KPI) oleh perusahaan yang terbatas, di mana sekitar 55% dari mereka tidak dapat mengakses KPI secara real-time. Sebagian besar proyek saat ini masih mempercayakan pengerjaan report pada perangkat berbasis online spreadsheet yang tentu memiliki banyak keterbatasan untuk memproduksi dokumen realisasi proyek. Hal ini menunjukan bahwa manajemen proyek sudah seharusnya bergerak pada medium digital yang lebih spesifik dan memiliki fitur yang cocok untuk mendukung mobilitasnya. 

Memanfaatkan kecanggihan aplikasi manajemen proyek tentu menjadi jawaban terbaik atas permasalahan cost overrun yang bisa terjadi dalam proyek anda. Tomps sebagai software manajemen proyek, memiliki smart feature yang meningkatkan performa manajemen proyek. Berbasis online dan mobile, Tomps menawarkan nilai real time, transparansi, dan fleksibilitas dalam mengelola aktivitas proyek secara keseluruhan.

Tomps juga dapat meminimalisasi peluang terjadinya fraud hingga cost-overrun. Bagaimana caranya?

Tomps Aplikasi Manajemen Proyek

Lewat Tomps, anda dapat melakukan perencanaan anggaran material proyek secara detail. Mulai dari daftar nama material, jenis material, nama vendor, jumlah yang dibutuhkan, satuan hitung, harga satuan, jenis kontrak pengadaan, dan lain-lain. Semua perencanaan proyek ini bisa anda lakukan secara sistematis lewat Tomps.

Aplikasi manajemen proyek tomps

Fitur Project Cost kami juga membantu anda untuk melacak status  proyek-proyek terkini, persentase penyelesaiannya, nilai proyek,  hingga jumlah material dalam proyek tersebut. Jika anda adalah seorang “Approver”, anda juga dapat memberikan pengesahan untuk setiap biaya material yang diajukan tim di lapangan lewat fitur menarik satu ini!

Aplikasi manajemen proyek Tomps

Dibalut tampilan yang menarik, anda juga dapat melacak evidence dari material dan jasa yang digunakan selama proyek berlangsung. Tidak hanya satu, tim dapat melaporkan hingga puluhan foto evidence dari material yang digunakan. Tim bahkan bisa tetap melaporkan bukti pekerjaannya meski saat jaringan internet tidak tersedia. Jika anda ditunjuk sebagai “Approver”, anda juga dapat memberikan pengesahan untuk setiap laporan hasil pekerjaan dan pengajuan material dari tim di lapangan lewat fitur menarik satu ini!

Adanya fitur Geo-Maps Tomps membuat seluruh evidence material anda tercantum titik latitude dan longitude di mana foto tersebut diambil. Anda tidak perlu khawatir jika evidence tidak benar-benar diambil dari lapangan karena sistem Tomps akan otomatis menolak foto yang tidak diambil di area lokasi proyek anda. Adanya fitur Geo-Maps ini membuat anda dapat mengetahui lokasi akurat dimana evidence diunggah ke sistem, sehingga proyek dapat berjalan lebih transparan, efektif, dan juga efisien.

Tertarik mencoba aplikasi manajemen proyek Tomps secara GRATIS?

Klik di sini sekarang!

Tomps, your project management solution!