Mengelola sebuah hotel tentu ada banyak hal yang mesti diurus dan diatur supaya semua fungsi bisa terawat dengan baik dan fungsinya tetap menjadi efisien. Terlebih dengan permasalahan yang melanda terkait penerimaan jumlah tamu yang akan berkunjung ke hotel. Tentunya, tak sedikit pengunjung yang membatalkan reservasi karena satu dan lain hal, yang berpengaruh pada bisnis perhotelan yang kini juga menjadi salah satu sektor yang terkena dengan dampaknya pandemi beberapa tahun yang lalu. Tomps sebagai aplikasi sistem manajemen hotel menawarkan kemudahan untuk mengelola keseluruhan perawatan hotel.
Pemeliharaan manajemen hotel dengan menggunakan aplikasi menjadi sebuah tanggung jawab dengan pembaruan yang ada terus-menerus, modifikasi dan penilaian ulang sistem aplikasi untuk memperbaiki kesalahan atau meningkatkan kinerja agar menjadi lebih efektif.
Saat ini, semakin banyak vendor sistem manajemen yang memberikan dan menawarkan mode terbaru daripada menawarkan dukungan terbaik – dengan konsekuensi yang ada. Karena aplikasi ini terkait erat dengan orang dan tekonologi di mana tempat Anda bekerja, perubahan pada salah satu dari ini mengharuskan yang lain juga ikut berkembang. Dengan kata lain: dukungan sangat penting untuk memastikan bahwa Anda selalu mendapatkan hasil maksimal dari solusi sistem manajemen Anda.
Bagi banyak perusahaan, langkah cepat di mana perusahaan sistem manajemen meriliis versi baru merupakan sumber tekanan terus-menerus: apakah semuanya akan tetap berfungsi sebagaimana mestinya? Bagaimana ini akan memengaruhi operasi harian saya? Tujuan dari pemeliharaan aplikasi yang baik adalah untuk menghindari hal-hal yang tidak terduga sekaligus memberikan kenyamanan maksimal pada saat yang bersamaan.
Dilansir dari Les Roches Education, Manajemen hotel adalah koordinasi kegiatan pemeliharaan yang dirancang untuk memelihara, memperbaiki, dan meningkatkan bangunan dan sistem terkaitnya serta menyediakan lingkungan yang aman, layak huni, nyaman, dan fungsional dengan biaya yang efektif. Ini mencakup semua tugas yang membuat ruang “layak huni” dan memastikan bahwa sistem bangunan utama, seperti kelistrikan, pemipaan, pencegahan kebakaran, dan HVAC, bekerja secara efisien.
Manajemen hotel juga mencakup struktur bangunan termasuk lantai, dinding, langit-langit, atap, dan perlengkapan. Selain itu, pemeliharaan hotel dapat mencakup eksterior bangunan dan mencakup pengecatan, pembersihan, lanskap, dan pemeliharaan lahan.
Secara tradisional, pemeliharaan aplikasi manajemen hotel (pihak ketiga) terdiri dari layanan tiket di mana masalah akut ditangani berdasarkan kasus per kasus. Sebagian besar perusahaan fokus pada ‘mengikuti’ rilis terbaru, tren, dan teknologi untuk menghindari kehilangan fitur baru yang penting.
Namun, perusahaan yang ingin tetap gesit dalam lingkungan bisnis yang dinamis saat ini perlu memikirkan kembali secara menyeluruh pendekatan mereka terhadap pemeliharaan aplikasi. Penyedia layanan cloud, misalnya, mendorong versi baru perangkat lunak mereka ke klien mereka secara otomatis.
Bekerja di industri perhotelan, khususnya sebagai manajer, memiliki beberapa manfaat unik. Dilansir dari Safety Culture, Berikut adalah beberapa yang perlu dipertimbangkan:
Manajer hotel bertemu orang baru setiap hari. Dari staf dan vendor hingga tamu yang kembali dan pertama kali, peran ini memiliki komponen sosial utama. Jika Anda suka berinteraksi dengan orang-orang, mendengar cerita mereka, dan membantu membuat pengalaman mereka selama mereka tinggal satu tidak akan segera mereka lupakan, karir di manajemen hotel akan ideal untuk Anda.
Tunjangan pekerjaan manajemen hotel dikenal sangat baik. Dari perusahaan besar hingga grup perhotelan yang lebih kecil, perusahaan-perusahaan ini memahami secara langsung apa yang diperlukan untuk bertahan dalam bisnis dan memastikan staf mereka bahagia. Itu sebabnya banyak hotel menawarkan manfaat yang sangat baik dan paket perawatan kesehatan serta gaji yang kompetitif. Manajer hotel juga dapat diberikan cuti sakit yang murah hati, cuti hamil, gaji liburan, potongan harga perjalanan, dan banyak lagi.
Dalam industri perhotelan, ada banyak peluang untuk pertumbuhan profesional. Bahkan sebagai manajer hotel, ada peluang untuk bekerja di departemen yang berbeda atau dipromosikan menjadi manajemen eksekutif atau regional.
Menjadi manajer hotel membutuhkan keseimbangan keterampilan interpersonal dan intrapersonal. Anda harus terorganisir dan paham bisnis, tetapi juga intuitif dan pribadi untuk memenuhi kebutuhan tamu dan staf. Menyempurnakan keterampilan ini di industri perhotelan menjadikan Anda manajer yang efektif serta kandidat yang hebat untuk posisi lain yang membutuhkan atribut ini.
Seiring kemajuan pesat teknologi di semua industri di seluruh dunia, perhotelan benar-benar mulai melihat manfaatnya. Perangkat lunak manajemen hotel telah berkembang pesat dalam membantu manajemen hotel meningkatkan cara bisnis mereka beroperasi, dan ada sedikit keraguan tentang dampak transformatifnya.
Sistem manajemen properti modern membantu Anda merampingkan sistem dan proses administrasi, serta meningkatkan operasi perusahaan secara keseluruhan. Sangat mudah untuk melihat mengapa sebagian besar pemilik hotel percaya bahwa sistem manajemen yang sangat baik sangat penting untuk bisnis mereka.
Ada banyak keuntungan untuk sistem perangkat lunak manajemen hotel yang andal. Baik itu menghemat waktu untuk tugas manual atau meningkatkan pemesanan langsung, setiap elemen sistem perhotelan harus bekerja menuju tujuan akhir untuk meningkatkan efisiensi dan meningkatkan pengalaman tamu.
Dilansir dari ITM Group of Institutions, berikut adalah lima keuntungan menerapkan sistem manajemen hotel modern.
Perangkat lunak manajemen hotel yang tepat akan sangat mengurangi waktu yang Anda habiskan untuk tugas-tugas administratif manual. Perangkat lunak ini melakukan sebagian besar pekerjaan dan memungkinkan Anda mengalihkan waktu ke tugas yang lebih penting, seperti melayani tamu Anda.
Lebih dari perangkat lunak lain yang Anda gunakan, sistem manajemen hotel akan menyentuh setiap departemen di properti Anda. Depan rumah, manajemen pendapatan, tata graha … Jika Anda memilih solusi yang tepat, Anda dapat melakukan penghematan waktu yang signifikan di hampir setiap area bisnis Anda, juga meningkatkan produktivitas dan kepuasan staf Anda.
Pengalaman check-in dan check-out yang lebih efisien akan meningkatkan kebahagiaan tamu Anda. Dan itu hanya puncak gunung es– apa pun mulai dari peningkatan komunikasi dan layanan tambahan juga akan meningkatkan loyalitas tamu. Memilih perangkat lunak manajemen properti terbaik kemungkinan akan berarti peningkatan tingkat retensi pada tamu dan staf.
Perangkat lunak yang tepat adalah faktor penting dalam mengembangkan kehadiran online Anda. Anda dapat mengintegrasikan perangkat lunak yang menghadap tamu seperti mesin pemesanan hotel, bot obrolan, dan portal tamu dengan desain situs web Anda, memungkinkan Anda untuk langsung menerima reservasi online dan membuat tamu merasa yakin dengan pilihan mereka untuk memesan langsung dengan Anda.
Sebagian besar sistem manajemen hotel menyertakan alat penetapan harga dan fitur lainnya untuk mengoptimalkan pendapatan.
Lewatlah sudah hari-hari hanya memiliki harga peak season dan harga low season – jika Anda tidak menetapkan harga dengan cara yang lebih canggih, Anda kehilangan pemesanan dan tidak memanfaatkan tamu yang memesan. Anda harus dapat membuat dan menyesuaikan tarif produk, dependensi tarif, serta penawaran dan aturan khusus seperti tarif paket.
Cloud perhotelan modern harus dapat dengan mudah terhubung ke manajer saluran sehingga Anda dapat beriklan di banyak saluran dan dengan mudah mempromosikan bisnis Anda di seluruh OTA industri dan layanan pemesanan pihak ketiga.
Ini memberikan informasi real-time yang akan membantu Anda meningkatkan jumlah reservasi dan menyebarkan kesadaran akan properti Anda.
Tentunya dengan adanya aplikasi manajemen hotel yang terus menerus berkembang pesat, tak semata untuk meningkatkan sektor pariwisata dalam negeri. Aplikasi manajemen hotel merupakan aplikasi yang memiliki pengalaman dan sertifikasi, serta bertanggungjawab penuh atas implementasi rencana manajemen yang berlangsung. Ada 3 aplikasi manajemen hotel yang memiliki reputasi baik, salah satunya:
Sistem manajemen terbaru yang menghadirkan solusi layanan untuk pengelolaan tenant, gedung, dan teknisi. Dilengkapi dengan fitur produk yang menarik, seperti Pengelolaan Data Bangunan untuk membantu data center dalam pengelolaan data, gedung, tagihan pembayaran hingga Informasi Maintenance.
Tomps Building dilengkapi dengan tiga solusi dalam aplikasi, yakni aplikasi pengelola, aplikasi tenant, dan aplikasi teknisi.
Operto juga menjadi salah satu aplikasi manajemen hotel yang cocok untuk para pelaku bisnis perhotelan mencari solusi otomatis di luar pemesanan, sekaligus menawarkan pengalaman tamu hotel premium dengan teknologi yang cerdas.
Salah satu fitur yang ditawarkan yakni untuk mengelola seluruh masa inap tamu mulai dari check-in hingga kontrol dalam kamar hingga check-out, tata graha, pemeliharaan, dan lainnya, semua dalam sistem operasi yang sama.
Selain Operto, ada pula Mews yang bisa jadi pilihan untuk aplikasi manajemen hotel Anda, Mews diperuntukkan dengan solusi yang menyeluruh untuk operasi skala menengah.
Salah satu fitur yang diunggulkan yakni untuk sistem manajemen berbasis cloud yang mengotomatiskan semua operasi mulai dari pemesanan hingga check-out hingga pengelolaan pendapatan.Mencakup rangkaian lengkap opsi dukungan termasuk.
Tingkatkan performansi, produktivitas, dan efisiensi perusahaan dengan berbagai produk Tomps yang telah digunakan oleh puluhan ribu perusahaan dari berbagai industri di Indonesia.
Dapatkan Jadwal DemoDapatkan Informasi Terbaru Dari Kami