Apa anda sedang kesulitan menemukan project manager yang tepat untuk proyek anda? Awas, bisa jadi salah satu penyebabnya karena teknik wawancara yang anda lakukan kurang tepat.

Ketika anda menjalankan sebuah proyek, peran seorang project manager tentu dibutuhkan. Namun, menemukan project manager yang cocok dan benar-benar dapat diandalkan untuk mengelola proyek anda tentu tak semudah yang diinginkan. Untuk itu, penting untuk menggunakan taktik yang tepat selama proses recruitment berlangsung.

4 tips berikut ini akan menuntun anda untuk menemukan project manager yang benar-benar tepat untuk proyek anda!

project manager

Berhenti Mengiklankan Lowongan Pekerjaan Dengan Deskripsi Umum

ā€œMemiliki jiwa kepemimpinan tinggiā€

ā€œDapat bekerja sama dengan timā€

ā€œMemiliki kemampuan komunikasi yang baikā€

Apa anda salah satu yang juga mengiklankan lowongan pekerjaan dengan deskripsi yang ā€œterlalu umumā€ seperti di atas?Ā 

Dibandingkan menghabiskan banyak waktu untuk menyeleksi pelamar yang mendaftar dengan kualifikasi yang umum ini, akan lebih efisien untuk anda dengan memulainya lewat deskripsi iklan yang spesifik. Misalnya saja ā€œTertarik atau menyukai proyek konstruksi telekomunikasiā€ atau seperti ā€œBerpengalaman sebagai project manager dalam proyek IT Development selama 3 tahun terakhirā€. Alasannya, akan ada banyak manajer proyekĀ yang mungkin pernah mengelola berbagai jenis proyek, namun apakah mereka benar-benar memiliki pengalaman dan tertarik pada jenis proyek anda saat ini?Ā 

Bagaimana Pengalaman Mereka Sebagai Project Manager?

Memiliki project manager yang berpengalaman dalam mengelola proyek dalam beberapa tahun terakhir tentu menguntungkan untuk anda. Beberapa indikator yang dapat anda jadikan pertimbangkan sebelum memilih project manager berdasarkan pengalamannya antara lain:

  1. Ukuran proyek terdahulu
  2. Ukuran perusahaan terdahulu
  3. Lama waktu kerja sama di setiap perusahaan terdahulu

Gali Ketertarikan Mereka Pada Bidang Proyek Anda

Tidakkah anda akan lebih menyukai manajer proyek yang memang benar-benar menyukai bidang proyek anda dibandingkan yang hanya bekerja untuk proyek apapun?

Karena itu, penting untuk anda menggali lebih jauh bagaimana ketertarikan mereka pada bidang proyek yang akan anda limpahkan kepadanya. Jadi, jangan hanya terpaku pada riwayat pengalaman yang tertata apik dalam resume mereka saja. Bangun komunikasi yang mengalir untuk mengetahui sejauh apa pengetahuan dan pengalaman mereka pada bidang proyek anda saat ini dan bagaimana antusiasme mereka jika diberikan mandat untuk mengelolanya.Ā 

Apakah Mereka Sudah Memiliki Sertifikasi Yang Dibutuhkan?

Memberikan persyaratan sertifikasi profesi untuk calon manajer proyek tentu membawa juga banyak manfaat positif untuk anda. Memiliki sertifikasi adalah sebuah validasi untuk seorang manajer proyek yang kompeten dan kredibel dalam mengelola proyek. Di mana, mereka dinilai sudah memiliki pengalaman dan pengetahuan dasar manajemen proyek yang mumpuni dan berpeluang besar menyukseskan proyek yang ditanganinya. Meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa manajer proyek yang tidak bersertifikasi sekalipun handal dalam pekerjaannya, menuliskan persyaratan ini dalam iklan lowongan pekerjaan dapat mengarahkan anda pada zona aman.

Ada beberapa sertifikasi project manager yang mungkin dapat anda jadikan syarat kualifikasi dalam mencari project manager yang handal. Mulai dari sertifikasi PMP (Project Management Professional), PRINCE2 (Project In Controlled Environments), CAPM (Certified Associate in Project Management), CSP (Certified Scrum Professional), hingga Project+.

Itu dia 4 tips memilih project manager yang handal dan tepat untuk proyek anda. Semoga membantu anda mencari yang terbaik di antara yang terbaik, ya!

Perbaharui selalu informasi terkini dan menarik lainnya seputar manajemen proyek di sini bersama Tomps, your project management solution!