By Published On: 1 April 2022Categories: Artikel2 min readTags:

Dalam proses menyelesaikan suatu proyek tidak bisa dilakukan oleh seorang diri, Anda harus memiliki sumber daya manusia terbaik dibidangnya untuk menjalankan proyek tersebut. Beberapa orang ini nantinya akan dibentuk sebagai satu tim proyek. 

Memiliki tim proyek yang kompak akan membawa proyek  mencapai tujuannya. Tidak semua manajer proyek mampu mengelola tim kerja yang efektif. Berikut beberapa hal yang harus dipelajari untuk mendapatkan tim proyek sesuai yang diinginkan:

Membangun Hubungan Komunikasi yang Baik 

Sebelum mengerjakan suatu proyek, mengkomunikasikan mengenai informasi proyek, tujuan, dan jangka waktu yang ditetapkan untuk pengerjaan proyek merupakan hal yang harus dilakukan kepada seluruh anggota tim. Selain itu, memberikan feedback kepada setiap progress yang dilakukan anggota tim juga dapat membuat tim merasa dihargai dan ‘dekat’ dengan Anda. 

Menghargai Semua yang Dilakukan Anggota Tim

Menghargai suatu pekerjaan yang telah dilakukan anggota tim Anda akan membangun kepercayaan diri dan mendorong anggota Anda untuk melakukan lebih baik lagi dalam proyek yang sedang dijalankan. 

Selain memberikan teguran atau feedback jika ada sebuah kesalahan, Anda juga harus memberikan feedback jika anggota tim anda mengerjakan pekerjaannya dengan baik. Dengan hal itu, anggota Anda akan sangat merasa dihargai. 

scum

Mengatasi Konflik Dengan Bijak

Jika Anda menemukan suatu masalah kecil ataupun besar saat proyek sedang berjalan, jangan pernah diabaikan. Karena suatu masalah yang diabaikan atau disepelekan dapat mengakibatkan pengaruh negatif. Anda sebagai seorang proyek manajer harus langsung mengatasinya. 

Memberikan Tugas Kepada Anggota Tim Sesuai dengan Kemampuannya

Setiap orang punya keahlian dibidang nya masing-masing, dan merekan akan mampu bekerja secara maksimal jika pekerjaan yang diberikan sesuai dengan kemampuan mereka. Maka dari itu, Anda sebagai proyek manajer harus dapat menempatkan dan memberikan tugas kepada orang yang tepat sesuai dengan kemampuan mereka agar proyek berjalan sesuai dengan yang diharapkan. 

Mampu Mengambil Keputusan Terbaik

Sebuah proyek pasti membutuhkan sosok seorang pemimpin yang baik dan tegas. Dan untuk mendapatkan tim proyek yang efektik, Anada harus jadi seorang pemimpin yang dapat membuat sebuah keputusan terbaik untuk seluruh tim, tidak hanya untuk kepentingan Anda atau perusahaan.

Namun, semua hal itu jika dilakukan secara manual tentunya akan mengganggu produktivitas proyek dan membebankan tim aggota proyek Anda. Agar proyek berjalan efisien dan efektif sesuai perencanaan Anda bisa menggunakan Tomps.

Tomps siap sebagai solusi manajemen proyek yang menyediakan berbagai fitur yang memudahkan anda melakukan monitoring, evaluasi, dan kontrol cost & resources di lapangan. Hasilnya, anda dapat merasakan transparansi dan efisiensi maksimal dalam mengelola satu bahkan beberapa proyek sekaligus secara real time. Coba sekarang!

Sejak 2017, Tomps dipercaya sebagai aplikasi manajemen proyek all in one yang telah membantu mengelola lebih dari 40.000 proyek secara real time berbasis mobile dan web. Fokus utama Tomps adalah menjaga efisiensi dan efektivitas proyek berjalan sesuai perencanaan serta mengontrol keberjalanan proyek yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Coba Tomps Sekarang
Menjadi Manajer Proyek untuk Pertama Kali, Mulai Darimana?
earned value manajemen proyekEarned Value Management System untuk Pengelolaan Proyek