Masih direpotkan dengan membuat berbagai tools manajemen proyek seperti Gantt Chart sampai Kurva S secara manual? Tenang, kini anda bisa membuatnya dengan cepat dan mudah lewat aplikasi yang tepat, lho!

Teman Tomps, kita biasanya membutuhkan berbagai tools untuk mengelola sebuah proyek. Berbagai tools ini akan berguna untuk membantu anda melakukan perencanaan, penjadwalan, pemantauan progres, hingga melihat perbandingan rencana dan realisasi di lapangan. Dari sekian banyak tools yang biasa digunakan dalam dunia manajemen proyek, Gantt Chart dan Kurva S adalah beberapa yang paling populer. 

Sayangnya, pembuatan Gantt Chart dan Kurva S saat ini masih dilakukan secara manual. Di mana, setelah anda lelah memantau penyelesaian proyek di lapangan, anda masih harus dihadapkan pada perhitungan dan analisa data yang tak sedikit untuk membuatnya. Padahal, anda bisa memanfaatkan waktu untuk membuat manual report ini untuk fokus pada operasional proyek agar lebih baik. Bagaimana caranya?

gantt chart kurva s
gantt chart

Gantt Chart, atau yang juga sering disebut Milestones Chart dan Project Bar Chart, adalah sebuah jenis grafik batang (bar chart) yang banyak digunakan untuk memonitoring proyek. Gantt Chart memuat informasi mengenai tugas anggota tim, jadwal, dan batas waktu pelaksanaan proyek. Tidak hanya itu, anda juga bisa melihat pihak atau divisi mana yang bertanggung jawab atas suatu tugas dalam proyek. Melalui Gantt Chart, project manager dan para stakeholder dapat melihat efektivitas progress pengerjaan proyek di lapangan.  

Dengan aplikasi manajemen proyek Tomps, anda akan dimudahkan dalam membuat Gantt Chart. Sistem Tomps akan mencatat activity bar berikut dengan tanggal dan durasi penyelesaiannya. Gantt Chart ini akan terbentuk secara otomatis dalam fitur reporting Tomps selalu bergerak mengikuti progres penyelesaian proyek. Jadi, setiap tim menekan tombol up dateuntuk setiap pekerjaannya, maka bersamaan dengan itulah Gantt Chart terbentuk dan bisa anda gunakan.

kurva s

“Apa itu Kurva S?”. Kurva S adalah salah satu metode perhitungan yang populer digunakan dalam dunia konstruksi. Dalam istilah manajemen proyek, Kurva S adalah sebuah grafik matematis yang menggambarkan data kumulatif sebuah proyek. Seperti biaya atau durasi waktu kerja (man hours) yang telah digunakan, ataupun persentase (%) waktu pekerjaan diselesaikan. 

kurva s

Dalam penggunaannya secara umum, Kurva S digunakan untuk mengukur kemajuan pengerjaan proyek, mengevaluasi kinerja, hingga sebagai bahan pertimbangan untuk membuat perkiraan arus kas. Kurva S banyak digunakan karena mampu menampilkan data kumulatif real-time dari berbagai elemen proyek dan membandingkannya dengan data yang diproyeksikan. Di mana, dalam iklim bisnis yang mengedepankan nilai kecepatan, pengerjaan proyek haruslah berjalan dan diselesaikan sesuai jadwal dan anggaran yang telah ditetapkan. 

Fitur reporting dalam Tomps juga menyediakan laporan Kurva S yang bisa anda manfaatkan. Hal yang menyenangkan adalah anda kini tak lagi perlu memperhitungkan pembagian bobot dan waktu kerja secara manual. Ya, fitur Kurva S Tomps akan terbentuk secara otomatis mengikuti setiap klik “up date” yang dilakukan tim ketika memperbaharui status pekerjaanya. Dalam Kurva S Tomps, anda bisa melihat perbandingan grafik realisasi dan perencanaan, detail aktivitas, bobot, durasi penyelesaian, hingga waktu spesifik pengerjaannya.  Semuanya, bisa anda lihat dan manfaatkan dengan mudah dan cepat!

kurva s

Tidak berhenti disitu saja, Tomps sebagai aplikasi manajemen proyek profesional juga dibekali dengan berbagai fitur untuk mengelola project secara end to end. Mulai dari tahap inisiasi sampai dengan closing. Beberapa fitur menarik yang dapat anda rasakan adalah:

✔ Project Scheduling, Planner, and Completion

✔ Project Tracking 

✔ Project Cost

✔ Project Appraisal

✔ Document & Evidence Repository

✔ Unlimited Cloud

✔ Role Access Management

✔ Vendors Performance Report

✔ Automatic Project Reports

✔ Gantt Chart & S-Curve

✔ Geo-Map Tagging & Visualization

✔ API Integration

✔ Customization-Friendly

Tertarik mencoba aplikasi manajemen proyek Tomps secara GRATIS?

Klik di sini sekarang!

Tomps, your project management solution!