Konsumen yang loyal, pemimpin yang visioner, serta produk dan jasa yang berkualitas dapat mempengaruhi kesuksesan sebuah perusahaan. Tapi pada dasarnya, aset terbaik perusahaan adalah karyawannya! Karyawan terlibat dalam setiap elemen bisnis. Temukan alasan kenapa karyawan adalah aset di bawah ini!

Alasan Kenapa Karyawan Aset Perusahaan

Perusahaan yang mampu memperlakukan karyawan mereka sebagai aset yang penting dan menjaga agar kemampuan mereka lebih baik lagi, akan mampu meningkatkan peluang sukses perusahaan. Membuat karyawan merasa dihargai dan mengembangkan potensi terbesar mereka akan membuat karyawan lebih loyal terhadap perusahaan.

Mulai dari perusahaan yang baru merintis hingga perusahaan besar, semuanya perlu menganggap karyawan sebagai aset terbaik mereka. Kenapa? Ini dia beberapa alasan yang perlu dipahami untuk semakin meningkatkan nilai perusahaan:

1. Karyawan Mengisi Kesenjangan Pengetahuan dan Keterampilan Pemilik bisnis dan pemimpin yang cerdas mampu mempekerjakan karyawan dengan pengetahuan dan keterampilan yang mampu melengkapi pengetahuan dan keterampilan mereka. Tidak semua orang tahu segalanya, bahkan seorang pemimpin sekalipun. Karena itu, dibutuhkan karyawan yang mampu mengisi kesenjangan di bidang mereka masing-masing.

Jika mampu melakukan perekrutan dengan tepat, maka karyawan dapat melakukan berbagai tugas secara efisien, terutama yang berada di luar kemampuan pemimpinnya. Karyawan juga dapat berbagi pengetahuan dan keterampilannya dengan karyawan baru. Dengan begitu, karyawan akan bertumbuh bersama seiring dengan bertumbuhnya perusahaan.

2. Karyawan Langsung Terhubung ke Konsumen Melalui Barang atau Jasa Terutama pada perusahaan besar, sangat jarang pemilik atau pemimpin perusahaan yang langsung berhubungan dengan konsumen. Karyawanlah yang punya banyak kesempatan untuk terhubung langsung dengan konsumen. Karyawan ada yang tugasnya merancang, memproduksi, hingga menguji produk untuk memastikan produk tersebut sudah memenuhi standar perusahaan.

Sementara itu, ada juga karyawan yang tugasnya langsung berinteraksi dengan konsumen, dengan cara menjual produk atau melakukan servis tertentu. Ada juga yang bertugas untuk berkomunikasi dengan pelanggan untuk menjawab pertanyaan atau menerima keluhan mereka. Apa pun tugasnya, yang pasti karyawan sangat berdampak pada pengalaman pelanggan.

Kinerja karyawan yang baik akan menjadi penentu apakah konsumen akan menyebarkan ulasan positif ke teman dan keluarganya, atau lewat media sosial. Kinerja karyawan yang baik juga dapat menjadi penentu apakah konsumen bersedia kembali membelanjakan uangnya untuk produk dan servis perusahaan tersebut.

3. Karyawan Adalah Wajah Perusahaan Konsumen berinteraksi dengan karyawan saat mereka terlibat dengan sebuah bisnis. Konsumen melihat langsung karyawan di kantor cabang, kantor pusat, toko, pameran, seminar, dan lain-lain. Konsumen juga berbicara dengan karyawan di hotline khusus untuk konsumen. Konsumen juga membaca pesan dari karyawan via email atau di media sosial.

Interaksi ini akan membentuk persepsi masyarakat terhadap perusahaan tersebut. Misalnya, saat konsumen menerima produk sudah dalam keadaan rusak, mereka akan menghubungi karyawan di customer service untuk meminta bantuan mengatasi masalah tersebut. Menerima barang yang rusak adalah pengalaman negatif dan tugas karyawan adalah mengubahnya menjadi pengalaman yang positif.

Konsumen akan lebih banyak terhubung dengan karyawan perusahaan, bukan jajaran direksinya. Dengan begitu, karyawan mampu memanusiakan bisnis agar lebih mudah membina hubungan dengan pelanggan. Karyawan adalah wajah perusahaan yang memberi sentuhan pribadi. Karyawan yang dihargai dengan baik akan mampu mendorong rasa percaya dan loyalitas konsumen terhadap suatu produk atau perusahaan. 4. Karyawan Memahami Bisnis dan Konsumennya Karyawan pada umumnya sangat memahami bisnis di tempat mereka bekerja dan konsumennya lebih baik dari siapa pun. Karyawan memahami apa yang diinginkan konsumen dan bagaimana cara mewujudkannya. Karyawan juga secara rutin menggunakan sistem dan peralatan bisnisnya, sehingga tahu betul apa kelebihan dan kekurangannya, serta apa yang perlu diperbaiki ke depannya.

Berkat karyawan yang begitu memahami bisnis dan konsumennya, maka para pemimpin dapat menggunakan karyawan untuk meningkatkan keseluruhan struktur bisnis mereka. Manajer departemen dapat mengidentifikasi dan mempromosikan upaya karyawan yang memiliki bakat dan motivasi tinggi, yang mungkin luput dari perhatian perusahaan. Dengan begitu, pemahaman bisnis dan konsumen ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk keuntungan perusahaan.

5. Karyawan Dapat Mendorong Keuntungan Karyawan yang berdedikasi tinggi sangat membantu dalam bisnis untuk meningkatkan keuntungan dengan memperbesar penjualan dan mengurangi biaya operasional. Karyawan mampu mengembangkan produk dan servis, mempromosikannya, dan kemudian menjualnya ke konsumen.

Upaya mengendalikan kualitas dan layanan pelanggan yang ramah dapat mengubah konsumen biasa menjadi pelanggan tetap. Karyawan juga dapat mengidentifikasi peluang pengurangan biaya untuk produksi barang dan jasa sehingga selanjutnya dapat meningkatkan penghasilan perusahaan dan tentu saja keuntungannya.

6. Karyawan Memungkinkan Adanya Inovasi Karyawan sering kali membawa ide dan keterampilan baru yang mampu membantu memotivasi sebuah bisnis yang sedang dalam masa stagnan. Karyawanlah yang mengembangkan produk dan jasa baru serta menyempurnakan prosedur operasi bisnis. Mengembangkan produk dan jasa baru akan membantu bisnis tetap relevan dan menarik perubahan kebutuhan dan keinginan konsumen. Tentu saja hal ini sangat penting bagi bisnis di industri yang perkembangannya sangat pesat, misalnya fashion dan teknologi. Karyawan dapat memperbaiki prosedur operasional yang akan membantu bisnis menjadi lebih efisien dan lebih menghemat modal.

7. Keunikan Tiap Karyawan Tak Tergantikan Salah satu aset penting dari karyawan adalah setiap orang itu unik. Setiap karyawan memiliki keunikan masing-masing yang pada umumnya tak tergantikan. Kemampuan secara latar belakang pendidikan dan kemampuan kerja mungkin banyak penggantinya, tapi keunikan sulit digantikan.

8. Dapat Menarik Karyawan Baru Karyawan yang hebat mampu memupuk budaya bisnis dan menjadikan perusahaan mereka sebagai lingkungan yang sehat dan nyaman untuk bekerja. Saat karyawan merasa bahagia di tempat kerjanya, maka mereka akan membicarakan pengalaman positif mereka pada orang lain.

Hal positif inilah yang akan membuat orang lain tertarik bekerja di perusahaan tersebut. Banyaknya ulasan positif terkait perusahaan tersebut akan menjadikan perusahaan memiliki nilai yang tinggi dan menjadi perusahaan impian. Peluang mendapat karyawan baru yang unggul pun lebih tinggi.

Karyawan perlu dihargai dan dikembangkan potensinya karena karyawan adalah aset. Karyawan yang merasakan nilai-nilai perusahaan yang positif, cenderung akan memberikan performa mereka yang terbaik dan bekerja dengan lebih produktif dan efisien. Karena itu, jangan ragu menggunakan berbagai software yang mampu memudahkan kerja karyawan dan meningkatkan produktivitas mereka.

Untuk mengelola proyek, aset perusahaan, dan bangunan, karyawan perusahaan akan jauh lebih dimudahkan jika menggunakan Tomps. Merupakan solusi dari manajemen perusahaan secara digital, jasa Tomps telah digunakan oleh Bank Indonesia, Kominfo, Pertamina International Shipping, dan masih banyak lagi. Jadi tunggu apa lagi? Langsung saja kunjungi website Tomps dan dapatkan info lebih lanjut!