Inventaris Perusahaan: Definisi, Kelebihan, dan Tips Mengelolanya

By Admin Tomps | Published On: 14 June 2024
Inventaris Perusahaan: Definisi, Kelebihan, dan Tips Mengelolanya

Gudang, pabrik, dan pusat ritel bergantung pada manajemen inventaris perusahaan yang sistematis. Pentingnya inventaris dalam bisnis adalah untuk mempertahankan kualitas produksi, memenuhi pesanan pelanggan, dan memantau inventaris yang tersedia. Seperti apa contoh daftar inventaris perusahaan dan apa saja kelebihan mengelola inventaris dengan tepat? Simak selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Inventaris Perusahaan?

Dilansir dari Mekari, Inventaris merupakan persediaan, akuntansi barang, komponen, dan bahan mentah yang digunakan perusahaan dalam produksi atau penjualan. Pemilik bisnis perlu memberlakukan manajemen inventaris sejak awal untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki stok yang cukup dan agar bisa mengidentifikasi kapan kira-kira terjadi kekurangan.

Sekarang perusahaan dapat menggunakan sistem manajemen inventaris yang merupakan software khusus untuk membantu melacak inventaris dan penjualan perusahaan. Sistem ini dapat mendukung karyawan dengan memberikan nomor inventaris yang akurat dan menjaga agar produk tetap teratur.

Dengan sistem inventaris perusahaan yang baik, maka stok dapat dikelola, memenuhi pesanan konsumen, dan melacak keseluruhan produksi atau penjualan. Menggunakan sistem manajemen inventaris modern memerlukan pelatihan minimal yang dapat membantu manajemen inventaris di perusahaan ke depannya jadi lebih efisien.

Kelebihan Inventaris Perusahaan

Menggunakan sistem inventaris perusahaan yang tepat memberikan berbagai kelebihan baik bagi perusahaan kecil maupun besar. Di antaranya adalah:

  1. Inventaris Lebih Akurat Sistem manajemen inventaris membantu bisnis memenuhi pesanan dan melacak produk. Sistem ini memantau setiap produk yang masuk dan keluar perusahaan selama produksi, penyimpanan, dan penjualan. Banyak sistem inventaris yang sekaligus tergabung dengan sistem penjualan. Artinya, sistem tersebut dapat memproses pembayaran dan penjualan. Perusahaan dengan sistem inventaris yang lebih akurat dapat mengurangi biaya pengelolaan inventaris internal. Selain itu, perusahaan pun dapat menjalin hubungan yang lebih baik dengan konsumen dan klien.
  2. Menghemat Biaya Sistem manajemen inventaris membantu perusahaan dalam mengurangi biaya pengeluaran dengan cara mencegah kelebihan stok. Ketika sebuah perusahaan memiliki sistem inventaris yang akurat, perusahaan dapat menjamin pesanan penjualan bagi konsumen dan mencegah ada pesanan yang terlewat atau terlambat. Perusahaan dapat menyimpan inventaris di ruang penyimpanan yang disewa atau milik sendiri. Kalau tidak dipantau, maka sangat mungkin terjadi penimbunan di gudang hingga berlebihan. Hal ini mungkin akan menimbulkan biaya yang tak terduga dan jumlahnya bisa cukup besar. Jika diperlukan waktu berbulan-bulan untuk membersihkan kelebihan persediaan, maka biayanya akan lebih besar lagi. Biaya lain yang dapat dikurangi dengan menggunakan manajemen inventaris yang tepat adalah:
  • Gaji Karyawan Karyawan dibutuhkan untuk menyimpan dan mengelola inventaris yang berlebihan. Karena itu, akan ada biaya tambahan untuk gaji karyawan khusus untuk mengatasi masalah ini.
  • Asuransi Menyewa atau menyewakan gudang biasanya memerlukan polis asuransi untuk melindungi properti dan asetnya, sehingga akan meningkatkan pengeluaran perusahaan.
  • Transportasi Jika inventaris yang berlebihan ada di gudang dan harus dipindahkan, maka perlu tambahan biaya untuk transportasi memindahkannya ke dan dari gudang.
  1. Otomatisasi Lebih Baik Jika perusahaan menggunakan software untuk mengelola bisnisnya dalam hal inventaris, maka prosesnya akan berjalan secara otomatis. Software manajemen inventaris akan membantu perusahaan dalam mengurangi terjadinya eror, meminimalkan biaya tenaga kerja, dan menghasilkan perhitungan stok yang lebih akurat. Otomatisasi inventaris perusahaan dapat mengurangi ketergantungan perusahaan akan tenaga manusia dan membuat proses pengelolaan inventaris menjadi lebih efisien dalam jangka panjang. Dengan begitu, proses pemantauan pun jadi lebih ringkas.
  2. Produktivitas Lebih Baik Perusahaan yang menggunakan sistem inventaris terbaik dapat meningkatkan produksi jadi lebih tinggi. Kesalahan inventaris yang terjadi lebih sedikit, sehingga perusahaan dapat fokus pada produksi barang yang kualitasnya lebih tinggi dengan harga yang sesuai. Dengan begitu, perusahaan pun dapat mengalokasikan jam kerja karyawan untuk tugas lain yang dapat meningkatkan bisnis dan menjadikan proses produksi lebih efisien.
  3. Sistem Organisasi Lebih Baik Sistem manajemen inventaris yang baik dan akurat juga akan membantu perusahaan menciptakan sistem organisasi yang lebih baik. Hal ini memungkinkan karyawan untuk membuat kategori produk berdasarkan ukuran, bentuk, nama, atau parameter berguna lainnya. Inventaris perusahaan yang terorganisir dapat membantu bisnis memenuhi pesanan konsumen dengan lebih cepat dan akurat, sekaligus melacak produk dengan cara yang lebih simpel, tidak rumit, dan tentunya lebih efektif.
  4. Meningkatkan Pengalaman Konsumen Sistem inventaris perusahaan yang teratur dan akurat sangat membantu meningkatkan pengalaman konsumen. Perusahaan dapat memenuhi pesanan konsumen dengan cepat dan akurat, jadi tidak hanya sekedar cepat saja tapi terjadi kesalahan di sana-sini. Setiap permintaan konsumen dipenuhi dengan baik. Hal ini tentu saja akan meningkatkan pengalaman konsumen dan level kepuasan mereka. Tentu saja, pelayanan konsumen di tingkat yang seperti ini jika terus ditingkatkan atau dipertahankan akan meningkatkan rasa percaya dan loyalitas konsumen. Dengan begitu, hubungan antara perusahaan dan konsumen pun semakin solid. Citra perusahaan jadi lebih positif, sehingga dapat meningkatkan pendapatan perusahaan juga.

Tips Mengelola Inventaris Perusahaan

Dengan berbagai kelebihan yang mampu didapat perusahaan setelah menerapkan sistem inventaris yang baik, maka penting untuk mulai mengelolanya sejak dini. Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba:

  1. Mempekerjakan Staf yang Kompeten Menggunakan software manajemen inventaris perusahaan memang sudah berjalan dengan otomatis, tapi tetap perlu staf untuk mengoperasikannya. Karena itu, pekerjakan staf yang kompeten di bidang ini dan tentunya bertanggung jawab.
  2. Gunakan Sistem Barcode Untuk mempercepat proses inventaris perusahaan, sangat penting untuk mempertimbangkan penggunaan barcode. Proses inventaris pun jadi lebih cepat, praktis, dan efektif. Semakin banyak waktu yang dihemat, semakin banyak pula waktu yang bisa dialokasikan untuk mengerjakan hal lain yang lebih produktif.
  3. Tingkatkan Keamanan Keamanan di tempat penyimpanan tetap perlu diperhatikan, kalau perlu ditingkatkan. Ingat, software manajemen inventaris hanya mengatur penyimpanannya saja, tidak sampai bertanggung jawab ke keamanan.

Kalau perlu, tambahkan dengan CCTV di area gudang, baik gudang sewaan atau milik sendiri, maupun gudang yang disewakan. Selain itu, bisa juga menambah personil keamanan di gudang untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan. Manajemen inventaris pun akan semakin kokoh.

Manajemen inventaris perusahaan yang sistematis sangat diperlukan untuk keberlangsungan bisnis yang lancar. Konsumen dan klien akan puas dengan layanan yang diberikan apabila inventarisnya terjaga dengan baik. Karena itu, pastikan untuk menggunakan sistem yang menawarkan inventaris perusahaan dengan kualitas terbaik seperti Tomps.

Merupakan bagian dari Telkom Indonesia, Tomps hadir sebagai solusi manajemen digital bagi perusahaan di Indonesia dengan cara yang mudah. Layanannya telah digunakan beragam perusahaan besar, karena itu langsung saja kunjungi website Tomps untuk dapat info lebih lanjut!

Aplikasi Digital
Aset & Inventaris
Edukasi

Comments (0)

1000 Karakter Tersisa

Rekomendasi Untuk Anda

Preventif, Korektif dan Predictive Maintenance: Definisi, Kelebihan, dan Kekurangannya

30 June 2024

Preventif, Korektif dan Predictive Maintenance: Definisi, Kelebihan, dan Kekurangannya

Inbound dan Outbound Barang, Apa Saja Aktivitasnya?

28 June 2024

Inbound dan Outbound Barang, Apa Saja Aktivitasnya?

Sistem Informasi Geografis: Definisi, Komponen, Tugas, dan Tahapannya

29 June 2024

Sistem Informasi Geografis: Definisi, Komponen, Tugas, dan Tahapannya

Contoh Basis Data Hotel: Bagaimana Cara Menyusun Database yang Berkualitas

29 June 2024

Contoh Basis Data Hotel: Bagaimana Cara Menyusun Database yang Berkualitas

Kelola Proyek, Properti, dan Aset Secara Efisien

Tingkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan dengan produk Tomps yang dipercaya oleh pelaku bisnis di berbagai industri di Indonesia.

Mulai Sekarang

Dapatkan Informasi Terbaru Dari Kami

Nama Lengkap
Email

icon-copyright 2024. Tomps.id by Telkom Indonesia | Tomps telah terdaftar pada: icon-copyright

Temukan Kami di

  • icon-fb
  • icon-linked
  • icon-instagram
  • icon-youtube
icon-wa