Salah satu penentu suksesnya sebuah proyek adalah sumber daya manusia yang menjalankan proyek tersebut. Tanpa adanya sumber daya manusia yang handal, maka akan mengganggu keberlangsungan proyek agar selesai sesuai waktu yang telah ditentukan. Untuk paham lebih detail mengenai proyek, Tom-Mates harus tahu pekerjaan proyek yang menunjang keberhasilan dari sebuah proyek.
Jenis Pekerjaan Proyek
1. Owner (pemilik proyek)
Adalah pihak yang memiliki proyek lalu memberukan kepada pihak yang mampu mengelola sesuai dengan perjanjian kontrak. Owner ini bisa berbentuk perorangan ataupun instansi yang memiliki kewajiban menyediakan anggaran sesuai dengan kebutuhan proyek yang disepakati.
2. Manajer proyek
Adalah pihak yang menerima penawaran dari pemilik proyek untuk memimpin jalannya sebuah proyek. Berikut tugas dan tanggung jawab manajer proyek :
- Menentukan pelaksanaan jasa manajemen proyek
- Memimpin, mengkoordinir dan melaporkan kepada stakeholder lain terkait perkembangan proyek
- Membuat dan mengontrol keberlangsungan proyek agar berjalan sesuai perencanaan baik dari sisi waktu dan biaya
- Menjalin komunikasi dengan pihak internal dan eksternal terkait perkembangan proyek
3. Vendor
Adalah penjual atau pemasok material yang melakukan perjanjian kerja dengan kontraktor untuk memenuhi berbagai kebutuhan material proyek
4. Kontraktor
Adalah orang atau badan yang dikontrak oleh pemilik proyek untuk menjalankan pekerjaan proyek berdasarkan isi kontrak yang dimenangkannya dalam tender.
5. Sub kontraktor
Adalah orang-orang yang menjalankan pekerjaan kontraktor utama yang meliputi individu yang menjalankan kontrak.
6. Manajemen kontruksi
Adalah tangan kanan dari manajer proyek yang bertugas melaksanakan pekerjaan yang dibantu oleh tim lainnya yang memiliki keahlian dibidang masing-masing
7. Stakeholder
Adalah pemangku kepentingan baik secara individu, kelompok maupun organisasi. Setiap keputusan mereka akan mempengaruhi kesepakatan, aktivitas dan hasil dari sebuah proyek. Contohnya : sponsor, customer, user, seller, business partners, konsultan, pegawai proyek hingga masyarakat sekitar lingkungan proyek.
8. Site Engineer
Bertugas untuk :
- Menyampaikan petunjuk teknis kepada tim dalam melaksanakan pekerjaan
- Membantu tim di lapangan dalam mengendalikan kegiatan kontraktor agar tercapai efisiensi pada setiap kegiatan
- Menjamin semua detail teknis pekerjaan berjalan sesuai perencanaan
9. Structure Engineering
Bertugas untuk :
- Menjalankan tugas yang diberikan oleh SIte Engineer
- Menganalisa struktur yang sudah diberikan oleh pihak konsultan
- Membuat perhitungan struktur untuk dikerjakan oleh mandor
10. Arsitek
Adalah orang yang merancang makro hingga mikro sebuah proyek sehingga memiliki hak untuk mengontrol pekerjaan yang dilakukan kontraktor.
11. Konsultan Struktur
Sangat berhubungan erat dengan arsitek untuk membuat denah bangunan sesuai dengan yang dikehendaki pemilik proyek. Secara spesifik merancang struktur yang sesuai dengan keinginan pemilik proyek melalui kontraktor utama dengan mempertimbangkan kondisi tanag, bentuk bangunan, fungsi bangunan, fungsi bangunan, kondisi lahan hingga kondisi geografisnya.
12. Konsultan Mekanikal dan Elektrikal
Adalah orang yang berperan sebagai pelaksana kerja dalam proyek yang sedang dijalankan baik yang tergabung dalam anggota mekanikal ataupun elektrikal
13. Konsultan Khusus
Adalah pihak atau seseorang yang diangkat untuk menyusun rencana dan pekerjaan yang spesifik dan khusus.
14. Quality Control
Bertugas untuk :
- Memeriksa kualitas hasil pekerjaan, kualitas bahan material dan membuat laporan bulanan
- Melakukan pengujian terhadap komposisi material yang akan digunakan
15. Quantity Engineer
Bertugas untuk :
- Melaksanakan pengawan terhadap pekerjaan kontraktor
- Menolak dan menerima kontraktor yang tidak sesuai dengan rancangan anggaran belanja
- Membuat laporan tertulis terhadap pelaksanaan proyek
16. Drafter
Bertugas untuk :
- Membuat gambar pelaksanaan
- Menyesuaikan gambar dengan kondisi lapangan
- Membuat gambar akhir pekerjaan
- Menjelaskan kepada pelaksana lapangan
17. Akuntan
Bertugas untuk :
- Membuat dan menyusun buku kas
- Bertanggungjawab atas kas proyek yang diamanatkan oleh pimpinan proyek
- Membuat dan menyusun surat pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pembangunan (SPJP)
18. Administrasi dan Umum
Bertugas untuk :
- Menyiapkan dan menyediakan semua kebutuhan perlengkapan administrasi dan alat-alat kantor untuk menunjang kelancaran proyek
- Membantu kepala pelaksana proyek dan mengkoordinasi serta mengawasi tata laksana administrasi
19. Mekanik
Bertugas untuk :
- Mengembangkan, menguji dan menyesuaikan mesia dan peralaran
- Mengelola proyek dengan prinsip rekayasa dan teknik
20. Operator Tower Crane
Bertugas untuk :
- Mengoperasikan tower crane sesuai dengan titik-titik lokasi pekerjaan
- Mengangkut dan meletakan bahan material menggunakan tower crane
- Menjaga dan merawat tower crane agar selalu dapat beroperasi dengan baik
21. Chief Inspektor
Bertugas untuk :
- Melakukan pengawasan terhadap setiap pekerjaan yang dilakukan oleh kontraktor agar pekerjaan tersebut sesuai dengan dokumen kontrak yang telah ditandatangani
- Melaksanakan pengarsiapan atas dokumen surat menyurat, laporan harian, bulanan, jadwal kemajuan pekerjaan dan lain-lain.
22. Surveyor
Bertugas untuk :
- Melaksanakan kegiatan survei dan pengukuran
- Melaporkan dan bertanggung jawab hasil pekerjaannya kepada kepala proyek.
- Membuat daftar alat ukur dan merawat alat ukur optik beserta perlengkapannnya.
- Mengkoordinir dan mengawasi penggunaan alat-alat ukur.
23. Safety Supervisor dan Safety, Health, and Environment (SHE)
Bertugas untuk :
- Membuat program kerja K3 dan perencanaan pengimplementasian agar tercipta lingkungan kerja yang sehat.
- Memastikan berjalannya program dan membuat dokumentasinya.
- Memeriksa pada peralatan kerja apakah terdapat aus atau tidak, dan juga memerika kondisi kesehatan tenaga kerja dan lingkungan kerja.
- Meninjau keselamatan kerja dan pelatihan keselamatan.
- Mencegah dan melakukan penanggulangan kecelakaan kerja dan melakukan penyelidikan penyebabnya.
- Memastikan tenaga kerja telah bekerja sesuai dengan SOP.
- Meninjau dan mengarahkan karyawan bekerja sesuai kewajiban dan sesuai dengan sistem operasi perusahaan.
24. General Affair
Bertugas untuk :
- Mewakili perusahaan untuk menjalin hubungan dengan pihak luar seperti Owner, MK, dan Konsultan.
- Melengkapi semua kebutuhan operasional termasuk seluruh dokumen pada internal perusahaan demi kelancaran kerja perusahaan secara menyeluruh.
- Bertanggung jawab dalam mendata, memelihara dan merawat seluruh aset perusahaan yang telah dibeli.
25. Petugas Logistik
Bertugas untuk :
- Melakukan pembelian alat dan bahan material ke supplier atau toko bahan bangunan.
- Menyiapkan dan mengelola tempat penyimpanan (gudang)
Gimana nih Tom-Mates udah kebayang mau ambil posisi apa? Secara umum baik pekerjaan proyek ataupun luar proyek kenaikan pangkat dan jabatan akan berbanding lurus dengan pengalaman dan keahlian. Jadi jangan khawatir, tetap update skill dan pengalaman ya!
Sumber : Pengadaan