Project Leader: Arti, Peran, Keahlian, dan Perbedaannya dengan Project Manager

By Aulia Fajriyati Dzikriyah | Published On: 27 November 2023
Project Leader: Arti, Peran, Keahlian, dan Perbedaannya dengan Project Manager

Dalam dinamika proyek, leader memiliki peran yang penting dalam membimbing tim menuju pencapaian hasil terbaik. Pemimpin yang efektif tidak hanya bertanggung jawab untuk mencapai tujuan proyek tetapi juga untuk memotivasi, membangun kolaborasi, dan mendorong kreativitas di dalam tim. Artikel ini akan menelusuri lebih dalam mengenai Project Leader.

Memahami Arti Leader Dikutip dari artikel greatnusa.com, leader adalah orang yang memimpin dan mengarahkan kelompok dalam suatu organisasi atau perusahaan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Seorang leader harus memiliki kemampuan untuk membuat keputusan yang tepat, memotivasi dan menginspirasi anggota tim, dan menyelesaikan konflik. Ada beberapa persyaratan untuk menjadi seorang pemimpin. Salah satunya memiliki visi yang jelas dan terarah untuk mencapai tujuan. Selain itu, seorang leader harus mampu berkomunikasi dengan baik dan efektif, baik saat memberikan arahan atau mendengarkan umpan balik timnya. Selain itu, seorang leader harus memiliki kemampuan untuk mengambil risiko dan bertanggung jawab atas keputusan yang dia buat. Kemampuan ini penting untuk membantu seorang leader menjalankan tugasnya dan memimpin timnya menuju keberhasilan.

Peran Leader dalam Meningkatkan Kinerja Tim Proyek Berikut adalah beberapa peran leader dalam meningkatkan kinerja tim proyek: 1. Membangun Tim yang Efektif: Pemimpin harus mampu membangun tim yang efektif, yang terdiri dari anggota tim yang memiliki keterampilan dan kecakapan yang saling melengkapi. Tim efektif memerlukan kemampuan teknis, serta seni dalam memahami kepentingannya, cara berkomunikasi, dan cara mempengaruhi kesamaan visi, misi, dan tujuan bersama 2. Menciptakan Budaya yang Kondusif: Pemimpin harus menciptakan budaya yang kondusif serta menciptakan suasana yang mendukung kerja tim. Hal ini mencakup aspek seperti komunikasi yang transparan, penghargaan terhadap perbedaan, dan kerja sama yang efektif. 3. Mengelola Risiko dan Hindrance: Pemimpin harus mampu mengidentifikasi dan mengelola risiko dan hindrance yang mungkin mempengaruhi kinerja tim proyek. Hal ini mencakup aspek seperti pengaruh lingkungan, gaya kepemimpinan, dorongan, dan hambatan terhadap kinerja tim. 4. Mengoptimalkan Kinerja Tim Kerja: Pemimpin yang efektif harus mampu membangun kerja sama, saling mendukung, dan penggunaan kemampuan individu secara sinergis untuk mencapai tujuan bersama. Beberapa strategi dan praktik kolaborasi yang efektif meliputi pembagian tugas, komunikasi terbuka, pengambilan keputusan berbasis konsensus, dan penghormatan terhadap keahlian individu. 5.Evaluasi Kinerja Tim: Pemimpin perlu melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kinerja tim untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan penyebab terlambatnya proyek. Hasil evaluasi ini dapat digunakan untuk menginformasikan keputusan strategis dan perbaikan dalam proyek selanjutnya.

Keahlian yang Harus Dimiliki Oleh Project Leader Sebagai pemimpin proyek, tentunya dibutuhkan keahlian khusus untuk dapat mengemban tugas-tugas yang ada di lapangan nantinya. Terutama jika pemimpin proyek mengambil peran sebagai Scrum master dalam tim. Sebagai Scrum master, mereka harus memiliki pemahaman mendalam tentang kerangka kerja proyek dan kemampuan untuk membimbing anggota tim agar memahami metode Scrum dengan baik. Oleh karena itu, pada umumnya, pemimpin proyek diharapkan memiliki keahlian berikut: Keahlian Komunikasi Keahlian utama yang harus dimiliki oleh Project Leader adalah kemampuan berkomunikasi. Keahlian ini sangatlah penting untuk dimiliki oleh seorang Project Leader dalam berkomunikasi secara efektif dan jelas kepada setiap anggota tim yang sedang dipimpinnya. Tidak hanya itu, tetapi peran ini juga harus dapat menyampaikan segala aspek proyek dengan jelas hingga dipahami sepenuhnya oleh mitra kerja. Keterampilan komunikasi yang baik ini menjadi kunci keberhasilan seorang pemimpin proyek, sehingga setiap anggota tim dapat memahami tugas dan tanggung jawab mereka di dalam proyek. Keahlian Kepemimpinan Tentunya Project leader harus unggul dalam keterampilan kepemimpinan, mengingat setiap hari tugasnya melibatkan tanggung jawab untuk memimpin dan memberi arahan kepada seluruh anggota tim sesuai dengan tugas dan peran masing-masing. Oleh karena itu, seorang project leader harus memiliki kebijaksanaan dan wibawa yang diperlukan untuk efektif mengelola setiap anggota tim yang berada di bawah tanggung jawabnya.

Project Leader vs Project Manager Perbedaan antara Project Leader dan Project Manager yaitu tergantung dari industri tempat bekerja. Namun secara umum perbedaan utama keduanya adalah: 1. Project Leader = Generalis, Project Manager = Spesialis Project Manager bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan tim, mengurangi risiko, dan mencegah potensi kemacetan. Untuk itu, mereka harus lebih detail dan analitis dalam pekerjaan mereka. Sedangkan project leader berfokus pada gambaran besar. Tujuan mereka adalah menciptakan visi di sekitar proyek untuk memberikan motivasi dan tujuan kepada anggota tim serta mempengaruhi kinerja mereka agar mereka sukses.

2. Project Leader = Memecahkan Masalah, Project Manager = Membuat Rencana Project Manager adalah seorang ahli strategi. Dengan semangat inspiratif, mereka membantu merumuskan rencana dan ide-ide jangka panjang yang memotivasi semua pihak yang terlibat dalam proyek untuk mencapai tujuan mereka. Sementara itu, Project Leader memiliki gambaran umum tentang tugas yang harus mereka lakukan. Mereka terikat pada jadwal, dan dalam konteks ini, mereka perlu mengatasi setiap masalah tak terduga yang mungkin timbul selama proses berlangsung.

3. Project Leader = Fokus Pada SDM, Project Manager = Fokus Pada Tugas Project Manager cenderung berfokus pada tugas untuk pencapaian tertentu, namun mereka juga berusaha untuk meningkatkan kinerja tim dan menetapkan tujuan bersama. Dalam hal ini, mereka menciptakan lingkungan yang mendorong anggota tim untuk memberikan kemampuan terbaik mereka. Disisi lain, Project Leader lebih berfokus pada anggota tim dengan memberikan arahan kepada anggota tim dan menetapkan tugas berdasarkan masalah dan kebutuhan yang mungkin muncul selama jalannya proyek. Selain itu, mereka juga memiliki kewenangan untuk meminta tim untuk menyelesaikan pekerjaan dengan efisien dan akurat, karena tanggung jawab mereka melibatkan pengawasan terhadap jadwal proyek.

4. Project Leader = Mengambil Risiko, Project Manager = Mempertahankan Status Quo Project Manager memiliki tujuan untuk menjaga keberlangsungan dan memastikan bahwa segala sesuatunya berjalan sesuai dengan rencana. Tugas mereka melibatkan pengelolaan jadwal, anggaran, dan kualitas proyek, serta membimbing anggota tim melalui tugas-tugas mereka dengan memperhatikan sumber daya. Oleh karena itu, mereka memiliki keahlian khusus dan fokus pada aspek teknis dan logistik proyek. Sedangkan, Project Leader selalu melihat ke depan dan menetapkan tujuan untuk timnya. Mereka aktif mencari inovasi dan cara-cara baru untuk melakukan tugas-tugas, serta memotivasi dan memimpin tim menuju perubahan dan peningkatan yang berkelanjutan. Fokus utama mereka adalah mendorong perubahan demi mencapai efisiensi.

Kesimpulan Project Leader adalah motor penggerak keberhasilan tim proyek. Dengan memahami peran dan keahlian, seorang pemimpin dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan pencapaian hasil terbaik. Selain itu, seorang Project Leader tidak hanya memimpin tetapi juga menjadi katalisator untuk kesuksesan tim dan keberhasilan proyek secara keseluruhan. Salah satu cara untuk mencapai kesuksesan dalam mengelola proyek dan memimpin tim dengan efektif, manfaatkanlah keunggulan alat bantu seperti Tomps Project. Dengan fitur-fitur canggihnya, Tomps Project dapat membantu mempermudah tugas-tugas pemimpin proyek, memastikan komunikasi yang efisien, dan meningkatkan produktivitas tim secara keseluruhan. Jangan lewatkan peluang untuk meraih hasil proyek yang optimal dengan menggunakan Tomps Project. Mulailah perjalanan menuju keberhasilan proyek Anda sekarang!

Referensi Great Nusa. (2023). Leader: Pengertian, Ciri, Serta Tanggung Jawabnya. Greatnusa.com. https://greatnusa.com/artikel/leader-artinya/ Hindrance Definition. lawinsider.com. https://www.lawinsider.com/dictionary/hindrance Scrum Master. campus.quipper.com. https://campus.quipper.com/careers/scrum-master

Edukasi
Proyek
Artikel

Comments (0)

1000 Karakter Tersisa

Eksplor lebih banyak

Rekomendasi Untuk Anda

Manajemen Proyek dalam Pendidikan: Mewujudkan Transformasi Pendidikan Melalui Efektivitas dan Inovasi

26 February 2024

Manajemen Proyek dalam Pendidikan: Mewujudkan Transformasi Pendidikan Melalui Efektivitas dan Inovasi

EDMS: Fungsi dan Kelebihannya untuk Perusahaan

23 January 2024

EDMS: Fungsi dan Kelebihannya untuk Perusahaan

RFI Proyek: Definisi, Cara Membuat, dan Tantangannya

16 January 2024

RFI Proyek: Definisi, Cara Membuat, dan Tantangannya

Audit Keuangan: Tipe, Kelebihan, dan Contohnya

12 January 2024

Audit Keuangan: Tipe, Kelebihan, dan Contohnya

Kelola Proyek, Properti, dan Aset Secara Efisien

Tingkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan dengan produk Tomps yang dipercaya oleh pelaku bisnis di berbagai industri di Indonesia.

Mulai Sekarang

Dapatkan Informasi Terbaru Dari Kami

Nama Lengkap
Email

icon-copyright 2024. Tomps.id by Telkom Indonesia | Tomps telah terdaftar pada: icon-copyright

Temukan Kami di

  • icon-fb
  • icon-linked
  • icon-instagram
  • icon-youtube
icon-wa